PIMPINAN HADIRI RAKER FPAG PERINGATAN SATU ABAD GONTOR

PIMPINAN HADIRI RAKER FPAG PERINGATAN SATU ABAD GONTOR

GONTOR – Pimpinan Modern Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. menghadiri Rapat Kerja Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) dalam rangka Peringatan 100 Tahun Gontor di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Selasa (26/9).

Acara yang digelar di Aula Rabithah Gontor tersebut dihadiri oleh Ketua Umum FPAG Dr. K.H. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M., Sekjen FPAG, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. dan Ketua I PP IKPM Gontor, Drs. H. Rif’at Husnul Ma’afi, M.Ag. serta diikuti oleh puluhan Pimpinan Pesantren yang tergabung dalam FPAG.

Baca juga: DIN SYAMSUDDIN KUNJUNGI TAZAKKA

Rapat kerja ini dilaksanakan dalam rangka merumuskan rangkaian acara peringatan 100 tahun berdirinya Pondok Modern Darussalam Gontor. Rangkaian acara tersebut akan meliputi beberapa lini, seperti KMI, kepengasuhanan, dan juga IKPM.

Adapun beberapa kegiatan yang dicanangkan nantinya seperti, Festival dan Sarasehan para Pimpinan Pesantren Alumni Gontor, workshop, lomba-lomba antar pesantren, dan juga beberapa kegiatan lain.

Rencananya rentetan kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 tahun kedepan di beberapa tempat. Beberapa acara akan dilaksanakan di pondok-pondok alumni dan pondok-pondok cabang Gontor. Nantinya acara tersebut juga dapat dilaksanakan secara kolaboratif antar pondok pesantren maupun lembaga.

Baca juga: TAZAKKA MULAI UJIAN SEMESTER PERTAMA

Ustadz Rif’at berharap dengan adanya acara dan kegiatan tersebut dapat menyemarakkan kegiatan peringatan 100 tahun berdirinya PM Darussalam Gontor serta memajukan mutu pesantren-pesantren FPAG.

Selain merumuskan beberapa kegiatan perayaan 100 tahun berdirinya PM Gontor, acara ini juga menyorot beberapa poin lainnya. Seperti Kiai Zulkifli yang menyampaikan perlunya pondok-pondok alumni ikut merayakan kesyukurannya dengan usia Gontor yang sudah seabad.

“Saat ini, Gontor sudah melewati fase-fase kritis dalam kepengurusan, maka perayaan 100 tahun Gontor ini merupakan suatu bentuk kesyukuran kita, karena tidak banyak lembaga yang mampu bertahan di masa kritisnya,” ujar K.H. Zulkifli.

Baca juga: KELAS 6 BEDAH LEBIH DARI 24 RIBU JUDUL BUKU DALAM PROGRAM FATHUL KUTUB

Dalam rapat ini turut disampaikan laporan mengenai pencapaian FPAG selama tiga tahun terakhir oleh Sekjen FPAG, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. Laporan tersebut meliputi berbagai aspek seperti kesekretariatan, pendataan, pendidikan, dan beberapa aspek lainnya. Kiai Anang juga menyampaikan bahwa kedepannya akan ada inovasi-inovasi lain yang akan dilakukan untuk menyongsong kemajuan pondok-pondok FPAG.

Pada sesi terakhir, diadakan pula sesi tanya jawab dan diskusi mengenai permasalahan yang ada di pesantren-pesantren FPAG. Para Kiai dan pengurus pesantren FPAG saling bertukar pikiran dan gagasan mengenai permasalahan yang ada. Dengan adanya Rapat Kerja ini diharapkan bisa menjadi sarana dalam bertukar pikiran, mengembangkan diri, dan mengatasi permasalahan yang ada***