KIAI ANANG NGAJI WAKAF DI PDM PEMALANG

KIAI ANANG NGAJI WAKAF DI PDM PEMALANG

Pemalang — Pimpinan dan Pengasuh Pondok Modern Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. menjadi pemateri dalam Pengajian Pimpinan yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pemalang, Ahad (21/1) di Kantor PDM Pemalang.

Pengajian rutin tersebut dihadiri oleh seluruh Anggota Pleno PDM Pemalang, PCM/PCA, UPP PDM, Ortom PDM, Pengurus Lazismu, Pengurus BTM, Kepala Rumah Sakit, Mudir Pesantren, dan Kepala Sekolah Muhammadiyah se Kabupaten Pemalang.

Baca juga: Ujian Lisan Akhir: Uji Keilmuan Dan Mental, Persiapan Menuju Ujian Tulis

Dalam kajiannya, Kiai Anang yang didampingi oleh tim dari Wakaf Tazakka secara khusus menyampaikan materi tentang wakaf dengan mengambil judul: “Wakaf Kontemporer dalam Tinjauan Fiqh dan Perundang-undangan”.

Beliau menyampaikan bahwa sepanjang sejarah, tidak ada satupun peradaban Islam di dunia ini yang tidak ada jejak wakafnya. “Artinya, semua peradaban Islam selalu diikuti dengan adanya gerakan wakaf di dalamnya,” ujar Kiai Anang sebagai pembuka materi.

Beliau pun menjelaskan ayat-ayat dalam Al-Quran yang berbicara tentang hubungan keimanan dengan harta. Termasuk menjelaskan peranan harta dalam kehidupan manusia sampai nanti ia meninggal.

Lalu sebagai inti dari materi pengajiannya, beliau menjabarkan secara detail dan luas tentang pengertian wakaf, baik dalam kajian Fiqh maupun menurut UU, unsur wakaf, peruntukannya, klasifikasinya, objeknya, bentuk atau ragamnya sampai membahas tentang nadzir wakaf.

Baca juga: Pimpinan Tutup Kegiatan Tarbiyah Amaliyah

Tak lupa juga beliau pun memberikan beberapa contoh wakaf baik yang telah dilakukan oleh Rasul dan para sahabat sampai dengan masa sekarang ini. Termasuk bagaimana cara wakaf melalui cash waqf linked sukuk (CWLS).***