Ujian Lisan Akhir: Uji Keilmuan dan Mental, Persiapan Menuju Ujian Tulis

Ujian Lisan Akhir: Uji Keilmuan dan Mental, Persiapan Menuju Ujian Tulis

Tazakka — Usai Tarbiyah Amaliyah, kini giliran seluruh Siswa Akhir KMI 2024 The Next Ibn Khaldun menghadapi ujian lisan akhir yang dimulai pada Selasa (9/1) dan akan berakhir pada Rabu (17/1) yang akan datang.

Ujian lisan merupakan salah satu dari rentetan ujian akhir bagi santri kelas VI. Di dalamnya ada 7 kelompok materi sebagaimana disampaikan oleh Ustadz Arizal Fathurrohman selaku Ketua Panitia Ujian Akhir. “Mereka akan diuji dalam 7 materi yaitu Bahasa Arab I dan II, Bahasa Inggris, Al-Quran, Fiqih, Tauhid dan Tarbiyah,” jelasnya.

Baca juga: Pimpinan Tutup Kegiatan Tarbiyah Amaliyah

Di setiap materi, seluruh kelas VI akan diuji oleh dua orang guru senior. “Mereka akan masuk ruang ujian berdua. Diadu pemahaman dan hafalan pelajarannya serta menjawab soal-soal dari penguji. Ada juga yang berupa praktek membaca Al-Quran, membaca kitab dan praktek ibadah,” terang Arizal.

Ujian lisan ini ditujukan untuk pemantapan dan persiapan para santri kelas VI untuk menghadapi ujian tulis yang akan dilaksanakan setelahnya.

Perlu diketahui bahwa hampir sebagian besar materi yang diujikan dalam ujian lisan adalah materi-materi utaman yang juga akan diujikan dalam ujian tulis. Nilainya pun nantinya akan menjadi nilai yang ada di dalam ijazah mereka.

Baca juga: TAZAKKA UBAH NOMENKLATUR OPPM

Maka tak heran jika selama masa ujian lisan ini seluruh kelas VI yang saat ini menjalani karantina di Gedung Indonesia I selalu sibuk belajar dengan buku mereka. Pagi hari mereka belajar di area Gazebo, siangnya juga mereka belajar di berbagai tempat di penjuru pondok. Malamnya mereka bergelut dengan buku, bahkan ada yang banyak belajar sampai larut malam hingga bangun di sepertiga malam untuk shalat Tahajjud dilanjut belajar kembali.***