Profil
Profil Pondok Modern Tazakka

Profil

PENDAHULUAN

PONDOK MODERN TAZAKKA berdiri di atas tanah seluas ±1.7 ha. Berlokasi di Kecamatan Bandar, sebuah kawasan yang dikelilingi bukit-bukit hijau, pesantren ini jauh dari berbagai macam polusi sehingga sangat kondusif sebagai tempat untuk tofoqquh fi dien (memperdalam wawasan keagamaan). Lembaga ini dirintis oleh tiga bersaudara, yaitu: Anang Rikza Masyhadi, Anizar Masyhadi dan Anisia Kumala Masyhadi. Misi yang dibangun. oleh ketiganya adalah mendirikan lembaga pendidikan Islam, di mana generasi muda dapat menimba ilmu, menambah wawasan dan mengecap sistem pendidikan serta pengajaran   secara memadai. Dengan demikian, diharapkan lembaga ini kelak mencetak kader-kader umat, bangsa dan masyarakat yang  berkompeten dalam mengisi kemerdekaan dan  perjuangan bangsa Indonesia. Calon siswa atau santri di pesantren ini tidak  ibatasi dari warga wilayah Batang saja, akan tetapi terbuka untuk semua umat Islam di Indonesia.

Adalah hak setiap umat Islam mendapatkan pendidikan  dan  pengajaran ilmu-ilmu agama dan umum secara seimbang, serta mendapatkan bimbingan yang baik dalam mempraktikkannya di tengah persaingan global. Prinsip-prinsip yang menjadi landasan pembangunan Pondok Modern Tazakka adalah terciptanya sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berwawasan luas, berilmu, berokhlakul karimah.

VISI MISI

VISI
Sebagai lembaga pendidikan Islam yang mencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat ibadah, serta menjadi sumber ilmu pengetahuan Islam bahasa AI-Qur’an, dan ilmu pengetahuan umum dengan tetap berjiwa pesantren.

MISI
1.  Mempersiapkan generasi yang unggul dan berkualitas meuju terbentuknya khairu ummah.
2.  Mendidik dan Mengembangkan generasi mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
3. Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.
4. Mempersiapkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

SISTEM PENDIDIKAN Kulliyatul Muallimin Al Islamiyyah (KMI)

JENJANG pendidikan yang akan ditempuh di Pondok Modern Tazakka setara dengan SMP dan SMA. Masa belajar dapat diselesaikan selama empat tahun dan/atau enam tahun.
Jam belajar/pendidikan di Pondok Modern Tazakka dimulai pada jam 04.00 saat salat subuh dan berakhir pada pukul 22:00 WIB.

Jam belajar ini terbagi menjadi dua bagian: Pendidikan formal dimulai dan pukul 07:00 – 12:15 dan Pengasuhan dimulai pukul 04.00-22.00.

Kurikulum KMI yang bersifat akademis dibagi dalam beberapa bidang, yaitu:
1.    Bahasa Arab
2.    Dirasah Islamiyah
3.    Ilmu Keguruan dan Psikologi Pendidikan
4.    Bahasa Inggris
5.    Ilmu Pasti
6.    Ilmu Pengetahuan Alam
7.    Ilmu Pengetahuan Sosial
8.    Keindonesiaan/ Kewarganegaraan.

Bahasa Arab dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa pergaulan dan bahasa pengantar pendidikan, kecuali mata pelajaran tertentu yang harus disampaikan dengan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dimaksudkan agar santri memiliki dasar kuat untuk belajar agama, mengingat dasar-dasar hukum Islam ditulis dalam bahasa Arab. Bahasa Inggris merupakan alat untuk mempelajari ilmu pengetahuan/umum. Pengasuhan santri adalah bidang yang menangani kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler. Setiap siswa wajib untuk menjadi guru untuk kegiatan pengasuhan pada saat kelas V dan VI.

Pelatihan tambahan bagi guru dengan materi yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Keterampilan, kesenian, dan olahraga tidak masuk ke dalam kurikulum tetapi menjadi aktivitas ekstrakurikuler. Siswa diajarkan untuk bersosialisasi dengan membentukmasyarakatsendiridi dalam pondok, melalui organisasi. Mulai dari ketua asrama, ketua kelas, ketua kelompok, organisasi intra/ekstra, hingga ketua regu pramuka. Sedikitnya ada 150 jabatan ketua yang selalu berputar setiap pertengahan tahun atau setiap tahun.