Pimpinan Buka Program Tarbiyah Amaliyah

Pimpinan Buka Program Tarbiyah Amaliyah

Tazakka– Pimpinan Pondok Modern Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. membuka program Tarbiyah Amaliyah atau Ujian Praktek Mengajar bagi santri kelas VI. Acara ini diselenggarakan di Aula Rabithah Pondok Modern Tazakka, Selasa (19/12).

Acara pagi itu dihadiri oleh Pimpinan dan Direktur KMI, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si., Wakil Direktur KMI, Al-Ustadz. H. Hakim As-Shidqi, M.Pd.I., dan Al-Ustadz. Henri Nur Rahmad, S.Fil.I., M.Pd., Wakil Pengasuh, K.H. Oyong Sufyan, Lc., M.A., Ph.D., seluruh asatidz pembimbing dan seluruh santri kelas VI.

Baca juga: Gala Dinner Dan Tasyakuran Pelantikan Kabinet OPPM Dan KGP

Sebagai pembuka, Kiai Bisri mengharap kepada seluruh santri kelas VI agar mengikuti semua pengarahan dengan baik. “Pembekalan yang nantinya akan disampaikan adalah bekal agar kalian nanti mampu melaksanakan tugas sebagai mudarris amaliyah dengan baik dan benar. Maka ikuti dengan baik, perhatikan dengan seksama dan tulis semua yang kalian anggap penting” pesan beliau.

Adapun Kiai Anang dalam sambutannya menjelaskan bahwa menulis dan membaca merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam proses pendidikan. Beliau juga menekankan bahwa Program Tarbiyah Amaliyah ini merupakan salah satu pendidikan yang melekat kuat di Pondok Modern Tazakka.

Melalui paparannya, Kiai Anang berharap agar para santri kelas VI dapat memahami betapa pentingnya keterampilan menulis dan membaca dalam pembentukan karakter dan peningkatan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Pimpinan Lantik Kabinet OPPM 2024-2025

Selain itu, Kiai Anang juga menekankan bahwa Tarbiyah Amaliyah bukan hanya sekadar program pendidikan di Pondok Modern Tazakka, tetapi juga merupakan bagian integral dari pembentukan pribadi dan keilmuan para santri.

Setelah pembukaan, selama 4 hari kedepan akan diadakan pengarahan-pengarahan tentang metode pengajaran beberapa pelajaran yang akan dipraktekkan oleh kelas VI selama program Amaliyah tersebut.

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk membuka dan memberikan pengarahan mengenai metode mengajar yang baik dan benar kepada santri kelas 6. Selain itu, diajarkan pula bagaimana cara memberikan naqd atau kritik evaluasi pengajaran yang benar dan tepat.

Baca juga: Jalan Sehat Dan Doa Bersama Pererat Tali Persaudaraan

Harapannya santri kelas VI dapat memanfaatkan acara ini sebagai sarana untuk mengembangkan pemahaman mereka tentang metode mengajar yang efektif, sehingga semasa pengabdian mereka dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Modern Tazakka maupun di tempat pengabdian masing-masing.