Tazakka Gelar Pengajian Maulid Nabi

Tazakka Gelar Pengajian Maulid Nabi

TAZAKKA — Pondok Modern Tazakka menggelar acara Pengajian Umum dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H, Kamis (28/9) di Masjid Az-Zaky.

Acara yang dimulai dengan lantunan sholawat dihadiri oleh 2000an jamaah baik santri, guru, anshar maupun masyarakat. Turut hadir Para Pimpinan PM Tazakka, Ketua Yayasan Tazakka, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Tazakka, Asisten 1 Setda Batang, Bapak Willopo, A.P., M.M. yang hadir mewakili PJ Bupati Batang. Pengasuh PP Al-Hikmah Benda Brebes, K.H. Akomadien Sofa, Forkompimcam Bandar dan perwakilan pengurus Lazis ASFA.

Baca juga: PIMPINAN HADIRI SUJUD SYUKUR PERINGATAN 100 TAHUN PM GONTOR

Pimpinan Pondok Modern Tazakka, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si. dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jamaah yang hadir dalam acara pagi itu. Beliau pun mendoakan para jamaah agar mendapatkan keberkahan di hari kelahiran Rasulullah dan syafaatnya kelak.

Senada dengan Kiai Bisri, Kiai Akom yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan juga menyampaikan bahwa tujuan berkumpulnya di majelis mulia itu adalah untuk menggapai keberkahan Allah. Beliau juga berbicara tentang pentingnya peringatan Maulid Nabi sebagai momen untuk merenungkan ajaran dan kehidupan Rasulullah SAW bagi umat muslim.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Ketua Lazis ASFA, K.H. Anizar Masyhadi, SS. Beliau menjelaskan signifikansi dari Tasharuf Zakat yang telah dilakukan oleh ASFA. Kiai Anizar menyampaikan bahwa sampai saat ini ada lebih dari 185 ribu orang mendapatkan manfaat zakat dari Lazis ASFA, baik bantuan uang, sembako, modal usaha maupun beasiswa.

Baca juga: 100 TAHUN GONTOR, WAKAF DAN KADERISASI

Dan sebagai acara inti adalah Pengajian Maulid yang disampaikan oleh K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. Dalam tausiyahnya beliau menjelaskan bahwa segala perintah agama, termasuk sholat, zakat, hingga haji, dan amalan-amalan lainnya, menjadi bermakna dan bernilai karena adanya sosok Nabi Muhammad SAW.

“Nabi Muhammad lah yang menjelaskan secara detail ibadah-ibadah tersebut, lalu mempraktekkannya bersama para sahabat, lalu terus dilakukan oleh umat muslim sampai saat ini” jelas beliau.

Bahkan beliau menjelaskan bahwa satu-satunya ayat Al-Quran yang perintahnya dimulai oleh Allah sendiri dan para malaikat adalah perintah untuk bershalawat kepada Rasul SAW.

Maka, Kiai Anang pun mengajak para jamaah yang hadir untuk senantiasa memperbanyak shalawat kepada Rasulullah, meneladani sikap dan akhlaknya yang mulia, serta menyebarluaskan ajaran-ajaran beliau kepada keluarga dan masyarakat.

Baca juga: Tazakka Gelar Sujud Syukur Dan Khataman Peringatan 100 Tahun Gontor

Setelah tausiyahnya selesai, acara dilanjutkan dengan penyerahan simbolik Tasharuf zakat kepada fakir miskin dan fisabilillah. Kemudian diakhiri dengan shalat Dzuhur berjamaah dan ramah tamah.

Pada kesempatan itu juga dibagikan hampir seribu paket sembako dari Lazis ASFA kepada para fakir miskin dan fisabilillah. Mereka berasal dari beberapa kecamatan seperti Tersono, Gringsing, Bawang, Reban, Blado, Pecalungan, Wonotunggal, Warungasem dan Bandar.

Semoga peringatan Maulid Nabi dan Tasharuf Zakat ini menjadi momen yang membawa keberkahan dan inspirasi bagi seluruh jamaah yang hadir dan umat muslim seluruhnya.***