Tazakka Gelar Sujud Syukur dan Khataman Peringatan 100 Tahun Gontor

Tazakka Gelar Sujud Syukur dan Khataman Peringatan 100 Tahun Gontor

Tazakka – Pondok Modern Tazakka mengadakan Peringatan Tasyakuran 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor pada hari Rabu (27/9). Acara diawali dengan agenda khataman Al-Quran dan diakhiri dengan sujud syukur bersama seluruh santri dan asatidz.

Pada gelaran khataman Al-Quran, Tazakka membentuk 22 majelis atau halaqoh dan satu halaqoh asatidz. “Total ada 23 majelis atau kelompok halaqoh yang tersebar di masjid Az-Zaky, Aula Rabithah, Teras Rabithah, depan asrama, Tazko Point dan di area pembangunan masjid Syaikh Rajab Deeb” jelas Ustadz Alam Mahardika selaku penanggungjawab kegiatan.

Baca juga: PIMPINAN HADIRI SUJUD SYUKUR PERINGATAN 100 TAHUN PM GONTOR

Jelang Dzuhur, kemudian semua berkumpul di masjid untuk bersama membaca doa khatmil Quran yang dipimpin oleh Ustadz Ainul Yaqin, S.Ag., Al Hafidz. Dalam doanya, beliau juga mendoakan para Masyayikh Gontor terdahulu diantaranya K.H. Ahmad Sahal, K.H. Zainudin Fananie, K.H. Imam Zarkasyi, K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi dan para syuhada Gontor dan Tazakka.

Setelah doa selesai dilantunkan, Bapak Pimpinan Pondok Modern Tazakka, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si., memberikan tausiyah di hadapan seluruh santri dan guru-guru. Dalam tausiyahnya Kiai Bisri menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan tidak hanya di Tazakka, melainkan seluruh pondok cabang Gontor dan pondok-pondok alumni ikut melaksanakan agenda ini sebagai bentuk birrul walidain.

Baca juga: PIMPINAN HADIRI RAKER FPAG PERINGATAN SATU ABAD GONTOR

Setelah Kiai Bisri mengakhiri tausiyahnya, seluruh santri dan asatidz kemudian melaksanakan shalat Dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan sujud syukur yang dipimpin langsung oleh Kiai Bisri.

Peristiwa ini tidak hanya merupakan perayaan, tetapi juga refleksi bagi pesantren-pesantren alumni atas perjalanan panjang dan berarti Pondok Modern Darussalam Gontor, dan betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter dan nilai-nilai para santri.***