DIHADIRI 300 ALIM ULAMA SE-KALSEL, LAZIS ASFA BAHAS KEMAJUAN DAN PENGEMBANGAN SDM PESANTREN

DIHADIRI 300 ALIM ULAMA SE-KALSEL, LAZIS ASFA BAHAS KEMAJUAN DAN PENGEMBANGAN SDM PESANTREN

BANJARBARU- Lazis Assalam Fil Alamin (ASFA) menggelar acara Silaturahim Alim Ulama Pengasuh Pondok Pesantren se-Kalimantan Selatan, acara diadakan pada 8-9 Desember 2023 di asrama Haji Banjarbaru. Pertemuan dalam rangka membahas strategi percepatan dan pengembangan SDM khususnya di pondok pesantren, lembaga pendidikan dan ormas Islam se-Kalimantan Selatan.

Menghadiri acara terebut pendiri Lazis ASFA Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin Kambo dan jajaran pengurus Yayasan maupun Lazis ASFA, Kakanwil Kemenag Dr. H. Muhammad Tambrin, Ketua MUI dan Baznas Kalsel, Ketua Persatuan Pesantren se-Kalsel, Pimpinan Pondok Modern Gontor KH. Hasan A Sahal dan Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, Presiden Pengasuh Pondok Pesantren Indonesia Dr. KH. Tata Taufiq, Pengasuh Ponpes Termas KH. Abdillah Nawawi, Pengasuh Ponpes Al-Anwar Sarang KH. Abdul Rouf Maemon, Pimpinan Pengurus FPAG, ulama, ketua-ketua ormas dan tokoh masyarakat.

Baca juga: Tazakka Gelar Tasyakuran Magister Kiai Anizar

Acara juga dikemas bersamaan dengan pelepasan 160 peserta pendidikan intensif bagi 126 kader pesantren, lembaga pendidikan Islam dan ormas se-Kalsel ke; Al-Azhar Kairo, Ummul Quro Makkah, Sulaimaniyah Istanbul dan Unida Gontor Jawa Timur.

Peserta pendidikan intensif akan mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, antara lain; wawasan kebangsaan dan keIndonesiaan, al-Quran, tafsir, hadits, bahasa Arab, sejarah dan peradaban Islam, islamic world view, metode pengambilan fatwa, wasatiyyat Islam dan lainnya. Khususnya peserta yang berada di Istanbul akan mendapatkan sanad hafalan al-Quran setelah mengkhatamkannya selama pelaksanaan pendidikan intensif. Sekembalinya studi pendidikan intensif, mereka akan menjadi orang yang mengajarkan dan mengembangkan apa yang telah diperolehnya dilembaganya masing-masing.

Dalam sambutannya, Haji Syafruddin kembali menegaskan bahwa Lazis ASFA didedikasikan untuk ikut membangun bangsa Indonesia, khususnya melalui sumber daya manusia.

Menurutnya, bahwa isi perahu besar Indonesia ini adalah umat Islam, maka generasi muda khususnya santri dan asatidz di pesantren harus didorong cepat dan dipersiapkan dengan baik agar dapat mengisi bonus demografi indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Tazakka Gelar Praktek Manasik Haji Di Firdaus Fatimah Zahra Untuk Santri Kelas 1 Dan 1 Intensif

Kepala Kementerian Agama H. Muhammad Tambrin mengapresiasi penuh peran Lazis ASFA yang selama ini telah mentasarrufkan dana zakatnya di Kalimantan Selatan dengan baik dan benar serta tepat sasaran melalui program; pendidikan, kemanusiaan (santunan untuk fakir miskin), kesehatan, dan dakwah sosial kemasyarakatan.

Kakanwil juga mengapresiasi peran Lazis ASFA atas pemberian tambahan insentif dan asuransi bagi penyuluh agama non ASN yang sangat membantu dan mendukung program Kementerian Agama RI.

Lazis ASFA terus berkomitmen dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di pesantren dan lembaga pendidikan Islam melalui percepatan dan pengembangan serta peningkatan kapasitas SDMnya.***