Tazakka Gelar Praktek Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra untuk Santri Kelas 1 dan 1 Intensif

Tazakka Gelar Praktek Manasik Haji di Firdaus Fatimah Zahra untuk Santri Kelas 1 dan 1 Intensif

Tazakka – Pondok Modern Tazakka menggelar praktek manasik haji di Obyek Wisata Religi Firdaus Fatimah Zahra yang diikuti oleh seluruh santri kelas Kelas 1 dan 1 Intensif (28/11). Praktek Manasik Haji ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan mereka tentang ilmu fiqh, khususnya mengenai umrah dan haji.

Acara manasik haji ini melibatkan seluruh santri kelas 1 dan 1 intensif, yang didampingi oleh panitia Manasik Haji yang terdiri dari Ustadz Haris, Ustadz Alip, Ustadz Dian, Ustadz Dickal, serta wali kelas. Obyek Wisata Religi Firdaus Fatimah Zahra, menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini, karena menjadi lokasi manasik haji eksklusif yang dirancang semirip mungkin dengan lokasi haji dan umrah di tanah suci.

Baca juga: Tazakka Gelar Apel Pembukaan Tazakka Olympiad 2023

Obyek tersebut, yang terletak di Jawa Tengah dan memiliki luas total sekitar 3 hektar, dilengkapi dengan fasilitas replika Kabah, replika Masjidil Haram, replika Masjid Al Aqsa, replika tempat Sai, replika bandara dan imigrasi Arab Saudi, Padang Arofah, perkemahan Mina, Jamarat Mina, hingga Jabal Rahmah.

Agenda dimulai beberapa hari sebelumnya dengan pengarahan intensif selama 3 hari yang dilaksanakan di masjid, kemudian pada Selasa Pagi (28/11) diadakan pelepasan manasik haji oleh panitia di Masjid Adz-Dzaky Pondok Modern Tazakka. Setelah itu, seluruh peserta berangkat menuju Firdaus Fatimah Zahra untuk melaksanakan praktek manasik haji. Kegiatan ini diselingi dengan istirahat menjelang salat Dhuhur.

Tak hanya itu, sebelum kembali ke pondok, santri juga mampir ke Saloka, taman rekreasi tematik keluarga terbesar se-Jawa Tengah yang berada di wilayah Kabupaten Semarang. Di sana, mereka bermain dan menikmati waktu bersama setelah mengakhiri agenda praktek manasik haji mereka.

Baca juga: KMI BERI APRESIASI BAGI SANTRI BERPRESTASI

Agenda ini merupakan langkah nyata dalam memberikan pengalaman praktis kepada santri terkait pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Dengan demikian, diharapkan wawasan keagamaan dan pemahaman fiqh mereka semakin diperkaya dan terbentuk secara holistik. Amiin.***