KMD 2024, Tazakka Lahirkan 151 Calon Pembina Mahir

KMD 2024, Tazakka Lahirkan 151 Calon Pembina Mahir

Pondok Modern Tazakka kembali menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi seluruh calon pembina dari santri kelas V. Sebanyak 151 orang mengikuti kursus yang berjalan selama sepekan, dimulai Rabu (5/6) sampai Senin (10/6).

KMD dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Batang, Kak Dr. Drs. Retno Dwi Irianto, M.M. Hadir pula dalam upacara pembukaan tersebut Kamabigus PM Tazakka yang juga Pimpinan dan Pengasuh PM Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D., yang didampingi oleh K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si., dan K.H. Oyong Sufyan, Lc., M.A., Ph.D.

Dalam sambutannya, Kiai Anang menyampaikan bahwa Pramuka merupakan salah satu pola pendidikan kepemimpinan yang dijalankan di Tazakka. Beliau berharap para santri yang pramuka kelak hadir menjadi solusi bagi problematika masyarakat melalui jiwa kepemimpinan, patriotisme, dan gotong royong yang dimilikinya.

Adapun Kak Retno selaku KaKwarcab Batang berharap para santri Tazakka yang ditempa dengan berbagai kegiatan dan pola pendidikannya kelak mampu menjadi generasi yang mumpuni di semua bidang pada usia Indonesia Emas tahun 2045 nanti.

Kursus dipimpin langsung oleh Kak GGS Ghufron, S.Pd. dari Pusdiklatcab Batang dan melibatkan 17 pelatih. Mereka diberikan berbagai materi seperti orientasi, dinamika kelompok, manajemen organisasi, administrasi satuan, fundamental kepramukaan, upacara, lambang dan tanda pengenal Gerakan Pramuka, jiwa, peran, fungsi dan tugas pembina, program peserta didik, penerapan SKU, SKK dan SPG, praktek scouting skills, metode membina, kehidupan dewan penggalang dan penegak, post test, open forum, serta RTL.

Selain itu, panitia juga menghadirkan Ust Husein Sanusi dari Tribunnews Solo untuk memberikan materi Pramuka-Jurnalistik guna mengoptimalkan literasi media dan jurnalistik kepramukaan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Batang untuk memberikan materi teori dan praktik SAR air.

KMD tahun ini dilaksanakan di dalam pondok dan juga di luar pondok. Selama tiga hari pertama, para peserta digembleng di dalam kampus Pondok Modern Tazakka, kemudian melanjutkan kegiatan di Bumi Perkemahan Agrowisata Selopajang Timur.

Acara dimeriahkan dengan Malam Unggun Gembira yang menampilkan beberapa pertunjukan dan hiburan seperti hadroh, martial art, campur sari, dan akustik. Kemudian ditutup dengan post test serta penjelajahan.