AMALIYAH TADRIS PERDANA THE NEXT IBN KHALDUN

AMALIYAH TADRIS PERDANA THE NEXT IBN KHALDUN

Tazakka — Pondok Modern Tazakka menggelar Ujian Praktek Mengajar atau Amaliyah Tadris bagi Siswa Akhir KMI 2024 The Next Ibn Khaldun, Rabu (27/12) di Aula Rabithah, Pondok Modern Tazakka.

Ditunjuk sebagai pengajar perdana adalah Ananda Muhammad Fahri Salsabil, 6B asal Tegal yang mengajarkan materi Mutholaah di kelas 2B. Dilanjutkan oleh Ananda Ariviano Sumantri, Kelas 6B dari Jakarta yang mengajarkan materi Conversation di kelas 1 Intensif B.

Keduanya melaksanakan praktek mengajar di hadapan seluruh Pimpinan PM Tazakka, Direktur KMI dan Wakil-wakilnya, Wakil Pengasuh dan 25 Musyrif serta seluruh Siswa Akhir KMI yang memadati Aula. Selain itu, amaliyah perdana tahun ini juga dihadiri beberapa perwakilan guru dari pesantren lain seperti PP Pabelan Magelang, PP MTA Sukoharjo dan PP Al-Azhar Muncar.

Baca juga: Tazakka Raih Mendali Emas Dan Perak Dalam International Karate Championship UNESA Rector Cup

Alhamdulillah setelah mempersiapkan pengajaran di bawah bimbingan langsung para Wakil Direktur KMI dan Musyrif lainnya, keduanya berhasil melaksanakan tugas sebagai pengajar perdana dalam program amaliyah ini dengan baik.

Usai proses pengajaran, keduanya langsung mendapatkan catatan dan evaluasi dari Para Pimpinan Pondok dan Bapak Direktur KMI. Selain mendapatkan evaluasi, keduanya juga mendapatkan apresiasi atas proses pengajarannya yang berjalan dengan baik.

Sebelum ujian praktek mengajar perdana dilaksanakan, seluruh Siswa Akhir KMI telah mengikuti pengarahan yang berjalan selama 5 hari, ditambah dengan ujian evaluasi dan praktek mikro teaching.

Baca juga: Pimpinan Buka Program Tarbiyah Amaliyah

Ujian praktek mengajar atau amaliyah ini adalah bagian dari rentetan ujian akhir bagi santri kelas VI. Harapannya dengan amaliyah tadris ini para santri kelas VI mampu menjadi guru atau pengajar yang profesional, sesuai dengan cita-cita KMI sebagai lembaga pendidikan pencetak kader guru Islam.***