KAJIAN AHAD PAGI SPESIAL BERSAMA QORI’ DARI MESIR

KAJIAN AHAD PAGI SPESIAL BERSAMA QORI’ DARI MESIR

TAZAKKA — Pengajian Rutin Ahad Pagi (16/7) di Pondok Modern Tazakka menjadi lebih spesial karena diisi oleh seorang qori’ berkebangsaan Mesir, Syaikh Abdul ‘Aal Ahmad Badawi Al-Kafrawi. Beliau adalah salah satu pengajar di Ma’had Mu’allimu Al-Quran yang bermarkas di Umroniyah, Giza, Mesir.

Kehadiran beliau pagi itu menjadikan suasana pengajian dua pekanan tersebut menjadi beda. Apalagi diikuti oleh semua santri dan guru serta jamaah yang memadati Masjid Az-Zaky. Beliau pun mengajarkan dan mencontohkan beberapa macam qiraat yang beliau kuasai kepada seluruh jamaah.

Baca juga: Santri Tazakka Laksanakan Puasa Sunnah Arafah

Sebelumnya, Bapak Pimpinan PM Tazakka, K.H. Anizar Masyhadi, S.S. memberikan muqoddimah dengan beberapa pesan kehidupan melalui hadis Rasul tentang pentingnya untuk melakukan kebaikan-kebaikan kepada orang lain.

Dalam kajiannya yang disampaikan dalam bahasa Arab, Syaikh Abdul ‘Aal Al-Kafrawi menyoroti pentingnya belajar makharijul huruf dan prakteknya yang benar dalam membaca Al-Quran. Karena kebaikan dan pahala membaca setiap huruf Al-Quran akan diterima tatkala kita mampu membaca dengan makhraj yang benar.

Baca juga: Semarakkan Idul Adha, Tazakka Gelar Folksong & Nasheed Competition

Beliau juga memberikan penjelasan mendalam tentang teknik-teknik yang tepat untuk melafalkan huruf-huruf Arab yang penting dalam pemahaman dan penghormatan terhadap kandungan Al-Quran. Jamaah pun nampak sangat antusias dengan materi yang disampaikan dan mereka mengikuti dengan serius, mengambil catatan penting dari setiap poin yang disampaikan dan diterjemahkan oleh Ustadz M. Khafifuddin, Lc.

Setelah sesi kajian selesai, para jamaah ahad pagi, termasuk seluruh santri Pondok Modern Tazakka, berkesempatan untuk berlatih bersama Syeikh Abdelaah dalam pelafalan makharijul huruf. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan mereka dan membantu mereka memperbaiki teknik pembacaan huruf Arab yang benar.

Baca juga: Idul Adha 1444: Tazakka Dapat Kurban 15 Sapi Dan 30 Kambing

Acara ini menciptakan atmosfer yang penuh semangat dan antusiasme di kalangan para jamaah dan seluruh santri. Para jamaah merasa beruntung dapat menghadiri Kajian Ahad Pagi kali ini. Mereka berharap agar kegiatan serupa dapat diadakan lagi di masa depan, sehingga mereka dapat terus memperkaya pengetahuan dan keimanan mereka.

Kajian Ahad Pagi di Pondok Modern Tazakka hari ini memberikan pelajaran berharga bagi semua jamaah yang hadir. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang makharijul huruf dan penggunaannya dalam membaca Al-Quran, mereka diharapkan dapat menjadi umat yang lebih baik dalam menghormati dan memahami pesan suci Al-Quran.

Baca juga: Semarak Idul Adha 144H: Shalat Ied Dan Makan Bersama

Usai Pengajian Ahad Pagi, acara ditutup dengan sarapan bersama nasi megono khas Batang. Adapun Syaikh Abdul ‘Aal melaksanakan ramah tamah dan sarapan di gedung Rabithah bersama Bapak Pimpinan, Ketua Yayasan dan para Kepala Departemen.