Santri Tazakka Laksanakan Puasa Sunnah Arafah

Santri Tazakka Laksanakan Puasa Sunnah Arafah

Tazakka — Seluruh santri dan guru Pondok Modern Tazakka melaksanakan puasa sunnah Arafah pada hari Selasa, 9 Dzulhijjah 1444 H yang bertepatan dengan 27 Juni 2023. Pelaksanaannya bersamaan dengan prosesi Wukuf yang dilaksanakan oleh jamaah haji di padang Arafah.

Puasa sunnah Arafah ini telah dijalankan di Tazakka sebagai sunnah dan tradisi serta sarana pendidikan bagi para santri. Hal ini karena keutamaannya yang sangat besar, yaitu dapat menghapus dosa selama setahun.

Baca juga: Semarak Idul Adha 144H: Shalat Ied Dan Makan Bersama

Maka, meskipun para santri dalam kondisi puasa, mereka tetap menjalani kegiatan keseharian di pondok sebagaimana biasa. Sejak pagi mereka tetap belajar di kelas masing-masing dengan penuh semangat untuk menuntut ilmu. Siang hingga sore pun mereka tetap menjalani aktivitasnya sebagaimana biasa.

Saat petang tiba, dimana waktu tersebut merupakan waktu pelaksanaan wukuf para jamaah haji di Tanah Suci, mereka pun berkumpul di Masjid Az-Zaky guna berdzikir dan berdoa yang dipimpin oleh Bapak Pimpinan, K.H. Muhammad Bisri, S.H.I., M.Si. Nampak para santri dan guru dengan khusyuk melantunkan dzikir, istighfar, tasbih, tahmid dan tahlil sebagaimana yang dilakukan oleh para jamaah haji.

Baca juga: Idul Adha 1444: Tazakka Dapat Kurban 15 Sapi Dan 30 Kambing

Dan tiba saat adzan Maghrib berkumandang, nampak wajah keceriaan para santri yang sedang menikmati menu takjil mereka yang disiapkan oleh masing-masing santri. Mereka pun segera menyantap menu takjilnya dan kemudian dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah.

Usai shalat Maghrib, para santri bergegas menuju ke Gedung Al-Madinah untuk menyantap menu spesial berbuka puasa. Meskipun harus antri, mereka nampak bahagia bisa melaksanakan puasa Arafah sampai akhirnya bisa menikmati menu berbuka di dapur santri.