Idul Adha 1444: Tazakka Dapat Kurban 15 Sapi dan 30 Kambing

Idul Adha 1444: Tazakka Dapat Kurban 15 Sapi dan 30 Kambing

Tazakka — Panitia Kurban Pondok Modern Tazakka pada tahun ini mendapatkan 15 sapi dan 30 kambing. Dari keseluruhan hewan kurban yang didapat, sebagian disembelih di dalam Pondok dan sebagian lagi disebar di beberapa masjid maupun desa binaan.

Penyembelihan pun tidak dilaksanakan dalam sehari. Pada hari pertama, Rabu (28/6) panitia menyembelih 4 ekor sapi yang akan dikonsumsi oleh santri dan guru untuk sepekan kedepan di dapur. Penyembelihan dilaksanakan di lapangan parkir sebelah utara Gedung Indonesia 1.

Baca juga: Semarak Idul Adha 144H: Shalat Ied dan Makan Bersama

Selain itu, panitia juga mendistribusikan hewan kurban berupa sapi dan kambing ke beberapa masjid dan desa binaan. Untuk sapi didistribusikan ke Masjid Baiturrahman dan Masjid Al-Muttaqin Sidayu, Dukuh Sibelis, Kumejing dan Cepoko yang berada di wilayah Desa Tumbrep. 3 sapi lagi disembelih di Pasar Bandar, PAS Baitul Quran Gontor dan di Desa Pikatan, di wilayah Kabupaten Kendal.

Sedangkan kambing yang didapatkan sebagian didistribusikan ke Dukuh Kampir, Cendono, dan Sipare yang ada di wilayah Desa Sidayu. Ada juga yang disebar ke wilayah Tumbrep seperti di Dukuh Rembul, Buntit, Tembelang dan Sikandri. Ada juga kambing yang disembelih di Desa Binangun dan Desa Wonomerto.

Al-Ustadz Fardana Khirzul Haq, M.Si. selaku Ketua Panitia Kurban sangat bersyukur dengan perolehan hewan qurban tahun ini karena bisa memenuhi bahkan melampaui target yang diinginkan oleh Bapak Pimpinan PM Tazakka yaitu sejumlah 15 sapi dan 25 kambing.

Baca juga: REFLEKSI WUKUF DI ARAFAH

Penyembelihan hewan kurban di Tazakka dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan, K.H. M. Bisri, S.H.I., M. Si. dan Wakil Pengasuh, K.H. Oyong Syufyan, Lc., M.A., Ph.D. dan dihadiri serta disaksikan oleh seluruh santri dan guru. Semua sapi yang disembelih pagi itu merupakan sapi kurban para santri juga guru PM Tazakka.

Hari kedua, Kamis (29/6) giliran masjid dan desa binaan yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Para panitia lokal pun tetap mendapatkan perhatian dan pengawalan dari tim panitia yang terjun langsung. Bahkan, mereka pun ikut dalam proses penyembelihan sampai kepada distribusi kepada warganya.

Baca juga: Pidato Iftitah Pimpinan Pondok Bekali Santri Dengan 4 Daya

Saat distribusi tim dari PM Tazakka mendapatkan banyak kesan positif dari para warga, dimana banyak di desa atau pedukuhan binaan Tazakka tersebut masih minim orang-orang yang berkurban. Maka, banyak dari mereka yang sangat bahagia bisa mendapatkan daging kurban yang jarang mereka konsumsi.