Pidato Iftitah Pimpinan Pondok Bekali Santri dengan 4 Daya

Pidato Iftitah Pimpinan Pondok Bekali Santri dengan 4 Daya

Tazakka – Pondok Modern Tazakka membuka tahun pelajaran baru 2023-2024 secara resmi. Pembukaan dilaksanakan dengan sebuah apel yang digelar di halaman Gedung Rabithah, Senin (19/6).

Apel ini dihadiri oleh Bapak-bapak Pimpinan Pondok, guru-guru KMI, dan seluruh santri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Bertindak selaku pembina apel adalah Bapak Pimpinan dan Pengasuh PM Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D.

Baca juga: Tazakka Terima Wakaf Dari Syamil Aqiqah & Cattering

Dalam sambutan dan amanahnya Kiai Anang menyampaikan pesan-pesan inspiratif terkait dinamika pendidikan 24 jam di Pondok Modern Tazakka. Beliau menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan kesempatan yang ada dengan mengutip kata-kata bijak, “5 perkara sebelum 5 perkara, masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa luangmu sebelum masa sempitmu, masa kayamu sebelum masa sempitmu, masa hidupmu sebelum masa matimu.”

Beliau juga berpesan bahwa belajar merupakan proses penting bagi kehidupan manusia. “Dengan belajar sejatinya manusia sedang menjalani proses untuk menjadi manusia yang sesungguhnya. Karena tanpa belajar, manusia ibaratnya seperti binatang. Tidak bisa membedakan baik dan buruk, haram dan halal, haq dan batil, penting dan tidak penting dan lainnya” jelas Beliau.

Baca juga: PORSENI BUKA RENTETAN PEKAN PERKENALAN

Lebih lanjut, Kiai Anang menjelaskan bahwa dalam perjalanan pendidikan, santri harus memiliki empat daya yang meliputi daya juang, daya dorong, daya suai, dan daya tahan. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya 4 kekuatan yang harus melekat pada diri santri yaitu: kekuatan spiritual, kekuatan intelektual, kekuatan mental, dan kekuatan fisik.

Pada kesempatan tersebut, Kiai Anang juga tidak lupa menyampaikan pesan kepada santri bahwa masa muda adalah waktu yang berharga yang harus dimanfaatkan dengan baik sebelum masa tua tiba. Selain itu, beliau mendorong santri untuk menjaga kesehatan dan memanfaatkan waktu luang dengan produktif, serta menjalani hidup dengan berpegang teguh pada nilai-nilai agama.

Baca juga: KMI Adakan Review Silabus

Apel pembukaan semester ini ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Tazakka. Dalam do’anya, beliau mendoakan agar Semester Pertama ini dapat berjalan dengan lancar dan disertai keridhaan Allah SWT.

Apel pembukaan tahun pelajaran baru pagi itu kemudian ditutup dengan pengabsenan kehadiran oleh walikelas masing-masing. Terkhusus santri baru, mereka diberikan seminar motivasi dengan menghadirkan motivator nasional, Al-Ustadz Akbar Zainuddin, M.M., bertempat di Masjid Az-Zaky. Sedangkan santri lama, melanjutkan kegiatan belajar mengajar di kelas masing-masing pada jam kedua.***