Tazakka Gelar Festival Al-Quran dan As-Sunnah

Tazakka Gelar Festival Al-Quran dan As-Sunnah

Tazakka — Pondok Modern Tazakka mengadakan acara Festival Al-Quran dan As-Sunnah 2024 yang digelar mulai Jum’at, 2 Februari 2024, hingga Ahad, 4 Februari 2024, di halaman Gedung Indonesia 2. Festival tahun ini mengambil tema “Transformation of Quranic and Sunnah Values in Digital Era”.

Acara tahunan tersebut dipanitiai oleh santri kelas V dan diikuti oleh seluruh santri Pondok Modern Tazakka. Guna menciptakan suasana yang meriah, merekapun diliburkan dari kegiatan belajar mengajar di kelas. “Ya festival ini sebagai gantinya masuk kelas, karena di sini mereka bisa belajar dari konten-konten yang kita hadirkan”, ungkap Ustadz Khafifuddin, Lc. selaku Ketua Panitia.

Baca juga: 100 Poster Infografis Hiasi Festival Al-Quran Dan As-Sunnah 2024

Beliau juga menjelaskan bahwa terdapat berbagai perlombaan yang diadakan pada awal festival dan dijadwalkan berlangsung hingga Sabtu, 3 Februari 2024. Lomba-lomba tersebut berkaitan dengan Al-Quran dan Hadis yang meliputi 5 bidang. “Ada lomba di bidang hafalan, bacaan, tulisan, pemahaman dan akhlak”, ujar Khafifuddin.

Beberapa lomba tersebut adalah lomba tahfidz Al-Quran di berbagai devisi, lomba adzan Haromain, khutbah, pidato, cerdas cermat Al-Quran, kaligrafi, fahmil Quran, hafalan hadis, mujawwad dan murottal, update status Al-Quran dan beberapa lomba lainnya.

Selain itu, ada juga beberapa perlombaan dalam bidang bahasa dan literasi serta hiburan-hiburan yang disiapkan panitia. Dengan adanya berbagai lomba seperti drama bahasa Arab, broadcasting, puisi, menulis resensi, membuat mading dan lainnnya, menjadikan semua santri di rayon-rayon ikut terlibat dalam agenda besar tahunan ini.

Baca juga: KMI TAZAKKA AWALI UJIAN TULIS AKHIR DENGAN APEL

Puncak dari Festival Al-Quran dan As-Sunnah ini dilaksanakan pada Ahad, 4 Februari 2024. Hari itu festival diisi dengan beragam acara istimewa yang menampilkan para pemenang dalam berbagai lomba. Selain itu, ditampilkan pula pertunjukan seni dan kebudayaan Islam yang menarik yang semakin memeriahkan suasana.

Acara ini diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha dan dedikasi santri Pondok Modern Tazakka dalam memahami dan mengamalkan ajaran Al-Quran dan As-Sunnah. Festival ini menjadi wadah untuk menunjukkan bakat dan kecintaan mereka terhadap Al-Quran dan As-Sunnah.

Dengan dihadiri seluruh santri Pondok Modern Tazakka, diharapkan festival ini dapat memperkuat rasa solidaritas dan semangat kebersamaan di kalangan mereka. Pihak Pondok Modern Tazakka berharap festival ini dapat memberikan inspirasi, motivasi dan keilmuan bagi seluruh santri untuk terus meningkatkan pemahaman dan amalan mereka sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah.***