Erie Sudewo

Erie Sudewo Erie Sudewo

Erie SudewoErie SudewoHidup itu Sedekah

Dompet Dhuafa Republika boleh dikatakan sebagai pionir kegiatan sosial pengumpulan dana-dana zakat. Lembaga ini tidak hanya menyantuni fakir miskin di seluruh negeri, tetapi juga mampu memberdayakan kaum papa secara ekonomi dan mengangkat martabat mereka ke tingkat yang jauh lebih baik.

Lembaga ini yang mengajarkan masyarakat untuk tidak menengadahkan tangan terus, tetapi membawa mereka untuk mengangkat tangan-tangan mereka. Dan, Erie Sudewo pun menjadi sosok penting di balik sukses Dompet Dhufa menyebar kebaikan, kedermawanan, dan kreativitas kepada kaum tak mampu yang selama ini tidak tersentuh siapa pun, bahkan ormas-ormas Islam.

Erie membawa gairah baru dalam memberdayakan dana-dana infak dan zakat, yang dikelolanya secara modern, akuntabel, dan transparan. Dan, itu menginsipirasi lahirnya lembaga-lembaga serupa yang semakin memperkaya khazanah kegiatan sosial di Tanah Air. ‘’Saya hanya bisa bersyukur, namun tidak sedikit pun merasa bangga atas semua nikmat ini,’’ ujar Erie.

Menurutnya, apa yang dimiliki dan dicapai sekarang semata-mata adalah milik Yang Maha Esa. ‘’Saya tidak punya apapun, ini hanya sekadar cara lain untuk beribadah,’’ tuturnya. Erie ingat begitu nikmatnya bisa berbagi dengan para loper koran. ‘’Saya antarkan mereka membeli sepatu, dari uang hasil infak yang dikumpulkan teman-teman di Republika,’’ ujarnya. Baginya, semua hal tersebut dilakukan semata-mata untuk memenuhi rukun Islam.

Harapan Erie, lembaga yang pernah dipimpinnya itu bisa menjadi lebih besar dari saat ini. Ia bercita-cita Dompet Dhuafa bisa menjadi sebuah Baitul Mal atau lembaga investasi yang lebih besar ketimbang Temasek di Singapura atau lembaga serupa di belahan dunia lainnya. ‘’Hingga pada akhirnya, lembaga ini bisa membantu lebih banyak orang. Semata-mata untuk kepentingan rakyat bukan hanya kepentingan bisnis,’’ katanya.

Dia berharap, apa yang dia dan teman-temannya lakukan di Dompet Dhuafa menjadi inspirasi bagi pegiat kemanusiaan lainnya. Erie mengatakan, jangan pernah menyerah membantu orang lain bila ada kesempatan untuk itu. Membantu orang lain hingga sampai ke daerah pelosok dan terpencil adalah suatu tindakan yang harus dibudayakan.

Pria yang dinobatkan sebagai Tokoh Perubahan Republika 2009 ini sangat ingin, apa yang dilakukan dia dan teman-temannya di Dompet Dhuafa mampu menularkan semangat sedekah di masyarakat. ‘’Kenyataannya apa yang kita lakukan di dunia ini adalah sedekah,’’ katanya. Sedekah itu termasuk mencari nafkah untuk keluarga atau menyusui anak. Dengan memaknai hidup sebagai sedekah, tak ada lagi pamrih yang perlu dihitung dan menjadi konflik.(@republika)