Zawayya Mawad: Inovasi Belajar Malam dengan Empat Bidang Keilmuan

Zawayya Mawad: Inovasi Belajar Malam dengan Empat Bidang Keilmuan

Panitia Ujian Semester bekerja sama dengan Bagian Kantor KMI Pondok Modern Tazakka meluncurkan sebuah inovasi pembelajaran terbaru bagi santri yang diberi nama Zawayya Mawad. Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas belajar santri selama masa ujian melalui empat fokus materi utama yaitu: Lughoh Arabiyah, Lughoh Injliziyah, Dirasah Kauniyah, dan Dirasah Islamiyah.

Zawayya Mawad, yang berarti “pojok pelajaran,” diambil dari kata zawayya yang berarti pojok, dan mawad, jamak dari maddah yang berarti “pelajaran.” Program ini menawarkan pendekatan yang unik dalam proses belajar mengajar. Pada malam hari, para santri diberikan kebebasan untuk mendatangi salah satu dari empat pojok pembelajaran yang tersedia. Setiap tempat difokuskan pada 4 bidang keilmuan di atas yang dipandu oleh guru-guru yang ahli di bidangnya.

Di Zawaya Mawad Lughoh Arabiyyah, para santri dapat memperdalam pemahaman mereka dalam bahasa Arab, baik dalam aspek kebahasaan maupun sastra. Mereka bisa bertanya pelajaran yang belum mereka pahami, bertanya jawaban yang tepat dari latihan-latihan soal yang tersedia, maupun juga menyetorkan hafalan beberapa materi bahasa seperti Muthola’ah dan Mahfudzat.

Di Zawaya Mawad Lughoh Injliziyyah, santri didorong untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris. Mereka bisa bertanya dan belajar tentang materi Reading maupun Grammar kepada guru-guru pengajar Bahasa Inggris.

Sementara itu, di Zawaya Mawad Dirasah Kauniyyah menjadi tempat bagi para santri yang ingin mendalami ilmu-ilmu sains dan umum. Banyak dari santri yang belajar materi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan materi umum lainnya. Ibarat kata, mereka seperti sedang ikut bimbel.

Adapun di Zawayya Mawad Dirasah Islamiyyah menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi. Pojok pengajaran ini dikhususkan untuk memperkaya pemahaman santri dalam ilmu-ilmu keislaman, seperti Tafsir, Hadis, Fiqih, Ushul Fiqih, Tarikh Islam, Tajwid, Faraid, dan pelajaran lainnya. Tak heran jika guru-guru di pojok ini banyak didatangi para santri dan sibuk menjelaskan serta mengajarkan materi-materi tersebut kepada para santri.

Program ini tidak hanya memberikan fleksibilitas bagi santri dalam memilih topik yang ingin mereka pelajari, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan bimbingan yang lebih personal dari guru-guru yang berpengalaman.

Dengan adanya Zawayya Mawad, KMI Pondok Modern Tazakka berharap dapat mencetak generasi santri yang tidak hanya unggul dalam ilmu agama, tetapi juga dalam ilmu pengetahuan dan bahasa yang akan membuka pintu-pintu kesuksesan di masa depan. Selain itu, juga menjadi bahan persiapan santri dalam menghadapi ujian semester pertama.

Penyelenggaraan program Zawayya Mawad ini menunjukkan komitmen KMI Pondok Modern Tazakka dalam menghadirkan metode pembelajaran yang adaptif dan sesuai dengan kebutuhan zaman, sambil tetap mempertahankan nilai-nilai keilmuan dan keislaman yang kuat, terutama sebagai upaya pembentukan miliu belajar yang kondusif, intensif, dan berkualitas bagi santri dan guru.