Pimpinan Tazakka Menjadi Aktor Penting Kunjungan GSA ke Indonesia

Pimpinan Tazakka Menjadi Aktor Penting Kunjungan GSA ke Indonesia

(11/07/24) — Pimpinan Pondok Modern Tazakka Batang, K.H. Anizar Masyhadi, M.A. menjadi aktor penting di balik kunjungan Grand Syaikh Al-Azhar Mesir, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ahmad Al-Thayeb ke Indonesia. Kunjungan GSA tersebut dalam rangka lawatan beliau ke beberapa negara di Asia Tenggara dalam rangka mempromosikan moderasi Islam, perdamaian, dan kemanusiaan global yang selama ini dikampanyekan oleh Al-Azhar.

Selama 4 hari, mulai Senin (8/7) hingga Kamis (11/7), Kiai Anizar selalu mendampingi GSA dalam beberapa pertemuan penting. Kehadiran GSA dan rombongan disambut secara resmi kenegaraan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Dubes Mesir untuk Indonesia, H.E. Yasser Elshemy, Prof. Quraish Syihab dan tim protokol, termasuk Kiai Anizar di dalamnya. Nampak juga para Alumni Al-Azhar yang ikut menyambut kedatangan beliau di luar bandara.

Selama empat hari, Kiai Anizar selalu mendampingi GSA bertemu dengan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amien, Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih, H. Prabowo Subiyanto, Ketua DPR RI, Ibu Puan Maharani.

Selain itu, Pimpinan Tazakka lainnya, Kiai Anang Rikza juga nampak mendampingi GSA saat bertemu dengan Ketua Umum DMI yang merupakan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Bapak H. Jusuf Kalla serta Ketua ASFA Foundation, Komjen Pol (Purn) Dr. H. Syafruddin Kambo guna membahas isu pendidikan hingga masalah Palestina.

Lawatan lainnya, Grand Syaikh Ahmad Al-Thayeb juga memberikan kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tema Moderasi Beragama dan Islam Moderat. Acara ini dihadiri oleh Rektor UIN se-Indonesia dan juga para ulama dan akademisi. Beliau juga menjadi keynote speaker dalam seminar toleransi antar umat beragama yang digelar oleh PBNU.

Kiai Anizar juga ikut mendampingi pertemuan Imam Akbar bersama PP Muhammadiyah, Imam Besar Masjid Istiqlal, Baznas dan BWI, Prof Quraish Syihab, K.H. Hasan Abdullah Sahal beserta beberapa tokoh Pimpinan Pesantren di Indonesia. Lawatannya ke Indonesia kemudian ditutup dengan kunjungan ke Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta.

Kunjungan Grand Syaikh Al-Thayeb ke Darunnajah diterima langsung oleh Pimpinan Pondok dan Rektor Universitas Darunnajah. Kunjungannya juga dihadiri oleh 500an Kiai dan Pimpinan Pondok Pesantren alumni Gontor yang tergabung dalam Forum Pondok Alumni Gontor (FPAG), Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) serta Pesantren-pesantren salafiyah dan lebih dari 3000 undangan dari berbagai kalangan.

Kembali Pimpinan Pondok Tazakka, KH. Anizar Masyhadi, M.A. dan KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. yang merupakan Sekjen FPAG tak pernah berada jauh dari Grand Syaikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Al-Thayeb. Bahkan, sejatinya dua kunjungan GSA sebelumnya yaitu pada tahun 2016 dan 2018 juga tak lepas dari peran Kiai Anizar dan Kiai Anang yang merupakan alumni Al-Azhar. Bagi beliau berdua, itu merupakan pengabdiannya kepada sang guru yang telah membesarkan keduanya hingga saat ini.