Tazakka Renovasi Paving Halaman Masjid Az-Zaky

Tazakka Renovasi Paving Halaman Masjid Az-Zaky

Pondok Modern Tazakka merenovasi paving halaman sekitar Masjid Az-Zaky. Kondisi paving lama yang sudah mulai rusak dan kadang becek saat hujan menjadi alasan utama pelaksanaan renovasi.

Sebagaimana diketahui bahwa di pesantren, masjid merupakan pusat kegiatan bagi seluruh santri. Maka, penciptaan lingkungan masjid yang nyaman menjadi sebuah keharusan. Itulah yang menjadi perhatian utama Bapak Pimpinan untuk bisa menjadikan area masjid lebih nyaman, tidak becek dan bisa digunakan untuk beragam aktifitas santri. 

Adapun proses renovasi diawali dengan pembongkaran paving lama dengan alat berat. Proses ini memakan waktu hampir sepekan. Selain menyiapkan material pemasangan paving baru, Departemen Pekerjaan Umum juga memperbaiki sistem drainase di sekitar halaman masjid agar nantinya tidak menimbulkan genangan air. 

Ustadz Edi Buana selaku Kepala Departemen PU menyampaikan bahwa renovasi paving halaman masjid ini sepenuhnya dibiayai oleh Kospin Jasa Pusat. “Alhamdulillah ini wakaf dari Kospin Jasa seluruhnya”, jelas Edi. 

Kospin Jasa melalui Bapak Andy Arsland Djunaid, S.E. dan keluarga besarnya telah berkomitmen dalam menjaga dan melestarikan gerakan wakaf, khususnya terkait dengan Masjid Az-Zaky yang merupakan wakaf dari Ayahanda beliau. Diketahui Pak Andy dan keluarga juga telah mewakafkan karpet, AC dan juga peremajaan serta pengecatan ulang Masjid Az-Zaky. 

Renovasi paving halaman masjid tersebut diharapkan akan menjadi solusi atas permasalahan kapasitas masjid yang terbatas. Menurut Ustadz Edi, pembaruan paving diperlukan karena saat tabligh akbar, jumlah jamaah bisa mencapai 4000 orang, sementara kapasitas masjid hanya mampu menampung sekitar 1000 jamaah. Oleh karena itu, area sekeliling masjid perlu disiapkan agar dapat menampung lebih banyak jamaah yang berkumpul untuk melaksanakan ibadah.

Keputusan untuk memperbarui paving juga dipengaruhi oleh kondisi lalu lintas di sekitar masjid. Pada awalnya, paving yang digunakan adalah bekas dari suatu pabrik yang telah tidak digunakan, dipilih karena pada masa itu masih banyak kendaraan berat yang lalu lalang di sekitar area tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu dan berkurangnya lalu lintas kendaraan berat, paving tersebut mulai mengalami kerusakan sehingga diperlukan pembaruan dengan material baru yang lebih tahan lama. Paving cetakan baru ini diproduksi oleh Paving HMN Gondang dari Desa Gondang, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal.

Edi menuturkan bahwa pemasangan paving baru ini mencakup area halaman masjid seluas 1.856 m² dengan kualitas paving tebal 8 cm tipe K-250 yang dipastikan sangat kuat, menjadikan halaman masjid semakin representatif untuk mendukung aktifitas santri. Edi juga membeberkan bahwa anggaran keseluruhan pekerjaan ini diperkirakan mencapai sekitar 450 juta rupiah. “Keseluruhan pekerjaan, mulai dari order barang hingga biaya pekerja, seluruhnya dicover oleh Pak Andy dan Kospin Jasa”, pungkasnya. 

Ustadz Luki Khoiru Riza, yang bertanggung jawab mengawal proyek renovasi ini menyampaikan bahwa progres pemasangan paving sampai saat ini berjalan sesuai rencana. “Kami berusaha menyelesaikan proyek ini sebelum santri baru datang atau sebelum Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy. Semoga dengan dukungan dari semua pihak, proses ini bisa selesai tepat waktu dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh jamaah.” ujarnya.