Porseni 2024, Ajang Kompetisi Olahraga dan Seni Santri

Porseni 2024, Ajang Kompetisi Olahraga dan Seni Santri

Tazakka — Pondok Modern Tazakka menggelar agenda Pekan Olahraga dan Seni 2024. Upacara pembukaan digelar Jum’at (24/5) di halaman Gedung Rabithah diikuti oleh seluruh santri dan dihadiri seluruh Pimpinan dan dewan guru KMI.

Ayahanda K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. didaulat menjadi pembina upacara. Dalam amanatnya Kiai Anang menyampaikan tentang pentingnya waktu. Bahkan menurut beliau banyak sekali ayat Al-Quran dan hadis Rasulullah yang berbicara tentang waktu dan tentang pentingnya waktu.

“Setiap orang punya waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Tapi persoalannya adalah, perbedaan setiap orang dalam menggunakannya. Maka, semakin baik dia menggunakan waktu, maka dia akan menghasilkan lebih banyak produktifitas”, jelasnya.

Maka, Kiai Anang pun berpesan kepada seluruh santri dan seluruh guru untuk menjadi orang yang sibuk dan produktif. “Jadilah kalian orang yang sibuk dan produktif, bukan hanya sibuk tapi tidak menghasilkan apa-apa”, tegas Kiai.

Mengambil pelajaran dari hadis Nabi, Kiai Anang menyampaikan bahwa hadis tentang pergunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara lainnya adalah berbicara tentang pentingnya waktu. Maka beliau berpesan agar menggunakan kesehatan, masa hidup, masa luang, kekayaan dan masa muda kita untuk yang baik-baik.

Ust Anang juga menyatakan bahwa dalam pola pendidikan di Tazakka salah satunya adalah membuat sibuk semua santri. “Sekarang ada porseni, nanti ada Idul Adha, Apel Tahunan, Panggung Gembira, semuanya adalah kesibukan. Belum lagi dengan sederet persiapannya, semuanya adalah menciptakan santri yang sibuk, namun tetap produktif”, pungkasnya.

Porseni yang dipanitiai oleh seluruh santri kelas V rencananya akan berjalan selama dua pekan kedepan. Di dalamnya akan dipertandingkan puluhan cabang olahraga antar kelas, angkatan maupun antar rayon.

Beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah sepakbola, futsal, voli, badminton ganda dan tunggal, basket, tenis meja, atletik, dan renang. Adapun cabang seni yang dipertandingkan adalah seni beladiri, kaligrafi, melukis, tilawah dan musik.

Upacara diakhiri dengan penampilan berbagai hiburan seperti penampilan Marching Band Alunan Nada Tazakka yang hadir membawakan 3 lagu, pertunjukan bela diri dari Perbetaz, senam kesegaran jasmani dari Persataz dan ditutup tabloid olahraga dari panitia. Usai upacara, diadakan pertandingan persahabatan futsal antar guru.