MI Al-Asyraf Adakan Outing Class

MI Al-Asyraf Adakan Outing Class

MI Al Asyraf mengadakan kegiatan Outing Class dengan tema Aktivitas di Air bertempat di kolam renang Bina Garut, Kecamatan Bandar, Sabtu (11/5). Kegiatan Outing Class ini merupakan agenda tahunan MI Al Asyraf, yang diikuti oleh seluruh siswa MI Al Asyraf di bawah bimbingan dan pengawasan seluruh dewan guru.

Ustadzah Nur Istiqomah selaku Kepala MI menjelaskan bahwa berenang merupakan olahraga atau permainan yang menyenangkan bagi anak, dan juga merupakan jenis olahraga yang bermanfaat untuk memberikan kebugaran yang baik sekali pada kesehatan badan.

Sesuai dengan Motto MI Al Aysraf yang berbunyi: “Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas”, maka MI Al Asyraf mengimplementasikannya dalam bentuk kegiatan berolahraga berenang. Tentunya juga dengan kegiatan olahraga lainnya yang menjadi materi di sekolah.

Ustadzah Istiqomah juga menambahkan bahwa olahraga berenang juga termasuk olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana sabdanya: “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kegiatan Outing Class berenang ini bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada siswa agar bisa mempraktikkan materi pelajaran PJOK yang berkaitan dengan aktifitas di air. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih fisik motorik siswa agar lebih mandiri, berani dan percaya diri dalam melakukan olahraga didalam air. Tidak lupa juga siswa belajar bersyukur atas nikmat Allah SWT salah satunya mengenal manfaat air.

Sebelum siswa beraktifitas di dalam air, siswa terlebih dahulu diajak untuk berdo’a dan melakukan pemanasan yang dilanjutkan dengan senam bersama.
Setelah itu, siswa dibagi sesuai kelompok masing-masing dan berkumpul bersama ustadzah pendamping di masing-masing kelasnya.

Ustadzah dengan sabar mengajarkan langkah-langkah beraktifitas didalam air dan memberikan beberapa permainan di tiap kelompoknya agar tercipta kerjasama dan kebersamaan antar siswa. Siswapun sangat antusias dan bersemangat dalam melakukan aktifitas didalam air.

Semoga setelah melakukan kegiatan aktifitas air ini, siswa makin bersemangat dan berani bermain didalam air serta menjadikan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi siswa MI Al Asyraf.