Tazakka Gelar Tabligh Akbar dan Buka Bersama Kaum Muslimin

Tazakka Gelar Tabligh Akbar dan Buka Bersama Kaum Muslimin

Pondok Modern Tazakka menggelar Tabligh Akbar dan Buka Bersama Kaum Muslimin, Ahad (24/3) di Masjid Az-Zaky. Sebanyak 4000 orang dari berbagai elemen masyarakat, santri dan wali santri ikut hadir dalam acara tersebut.

Acara sore itu juga dihadiri oleh Ketua ASFA Foundation Komjen. Pol. (Purn.) Dr. (H.C.) H. Syafruddin Kambo, M.Si., Ketua Umum Kospin Jasa H. Andy Arslan Djunaid, S.E., dan PJ. Bupati Batang Dra. Hj. Lani Dwi Rejeki, M.M., Kapolres Barang, Dandim 0736 Batang, Prof. Sangidu dari UGM, Syaikh Umar Muhammad Deeb dari Damaskus, Suriah, Ketua MUI Batang, Ketua FKUB Batang, Ketua PCNU Batang, Ketua PD Muhammadiyah Batang, serta beberapa jajaran pengurus ASFA Foundation.

Baca juga: Jelang Liburan, Pimpinan Bekali Santri Etiket

PJ Bupati Batang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kemitraan yang dibangun oleh Pondok Modern Tazakka dan ASFA Foundation, terutama dalam program pemberdayaan ekonomi dan sosial berupa tasharuf zakat yang dilakukan di wilayah Kabupaten Batang.

Bu Lani juga memberikan support dan apresiasi kepada Pondok Modern Tazakka secara khusus. Menurutnya, Tazakka saat ini benar-benar menasional. “Kita bisa lihat, santri-santri Tazakka saat ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Semoga Tazakka kelak mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa masa depan.” pungkasnya.

Adapun Komjen Syafruddin menyatakan bahwa ASFA sangat fokus dan peduli terhadap perkembangan dan percepatan SDM lembaga pendidikan berbasis Islam seperti pesantren. Karena, jumlah pesantren dan santrinya jika dibandingkan dengan jumlah muslim di Indonesia masih belum seimbang, baik lembaga pendidikannya, fasilitas pendidikannya maupun SDMnya.

Baca juga: The Next Ibn Khaldun Wakafkan Videotron Senilai 118 Juta Untuk Pondok

“Kami di ASFA sangat konsen terhadap program percepatan SDM dengan memberikan beasiswa kader pesantren. Saat ini sudah ada 2500 orang yang mendapatkan beasiswa, mulai dari jenjang pesantren hingga doktoral. Mereka tersebar di puluhan perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri,” ujar Haji Syafruddin.

Acara dilanjutkan dengan Tausiyah Ramadhan yang disampaikan oleh Pimpinan Pondok Modern Tazakka K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa keberagaman Madzhab merupakan sejarah yang tidak bisa dipisahkan. “Jadi tidak mungkin kita menghapuskan perbedaan Madzhab, yang mungkin adalah membangun jembatan kesepahaman antar madzhab,” jelas Kiai Anang.

Ustadz Anang pun menegaskan bahwa Tazakka selalu memegang prinsip berdiri di atas dan untuk semua golongan. “Tazakka sejak awal berdiri telah mendedikasikan diri menjadi tenda besar yang merangkul semua golongan, tempat berkumpulnya orang-orang baik untuk memajukan umat. ” Maka dari itu, sebagai sesama muslim satu bangsa bersatu dalam ikatan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariyah.” pungkasnya.

Baca juga: DAFTAR LEMBAGA PENDIDIKAN PENERIMA GURU PENGABDIAN TAZAKKA ALUMNI TAHUN 2024

Usai tausiyah Kiai Anang, juga diserahkan secara simbolis tasharuf zakat dari ASFA kepada perwakilan asnaf fisabilillah dan juga mahasiswa penerima beasiswa kader pesantren yang saat ini sedang studi di UNIDA Gontor. Selain itu, juga diserahkan bantuan kepada 50 penyandang disabilitas dari Lazis Tazakka.

Setelah adzan Maghrib berkumandang, semua hadirin menyantap takjil yang telah disediakan dan melaksanakan shalat Maghrib berjamaah. Usai ramah tamah dan berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan shalat Isya’ dan Tarawih berjamaah di Masjid Az-Zaky Pondok Modern Tazakka.

Tabligh Akbar ini menjadi momentum yang berharga dalam mempererat tali silaturahmi antara pondok, wali santri, stakeholder dan masyarakat serta meningkatkan kebersamaan dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.***