TAZAKKA UBAH NOMENKLATUR OPPM

TAZAKKA UBAH NOMENKLATUR OPPM

Tazakka — Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka (KGP) Gugus Depan 02.127 Pondok Modern Tazakka periode 2023-2024 telah melaporkan laporan pertanggungjawabannya pada pertengahan Desember lalu.

Maka, mulai saat itu tongkat estafet kepemimpinan dalam organisasi tersebut telah diserahkan kepada pengurus yang baru. Dan yang spesial dari kepengurusan yang baru ini adalah perubahan nomenklatur di tubuh organisasi santri tersebut.

Baca juga: MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL UNIDA TIBA DI KAIRO

Mulai periode 2024-2025 ini, kepengurusan OPPM dibuat seperti negara yaitu menggunakan istilah kabinet. Dan pada periode ini mengangkat nama Kabinet Kreatif dan Inovatif. Dan tentunya, kabinet tersebut tidak lagi dipimpin oleh seorang Ketua dan Wakilnya. Melainkan dipimpin oleh seorang Presiden OPPM dan Wakil Presiden OPPM.

Sebelumnya, di bawah mereka ada Ketua-ketua Bagian. Kini bagian-bagian tersebut dirubah menjadi Kementerian-kementerian yang dipimpin oleh seorang Menteri. Sebagian ada yang memiliki Wakil Menteri ada yang tidak, sesuai dengan jumlah personil di kementeriannya. Nama beberapa kementerian pun harus disesuaikan.

Adapun Koordinator Gerakan Pramuka kini berubah menjadi Markas Besar Koordinator Gerakan Pramuka yang dipimpin oleh seorang Panglima dan Wakil Panglima. Beberapa Andalan Koordinator yang dulu menjadi struktur di dalamnya juga mengalami perubahan nomenklatur seluruhnya. Layaknya di TNI, mereka pun ditentukan jumlah bintang di pundaknya, mulai bintang dua sampai bintang empat.

Baca juga: AMALIYAH TADRIS PERDANA THE NEXT IBN KHALDUN

Perubahan lainnya terjadi di rayon atau asrama serta konsulat. Jabatan Ketua Rayon kini dirubah dengan istilah Gubernur dan Wakil Gubernur. Adapun konsulat dipimpin oleh Konsul Jenderal (Konjen). Semoga dengan nomenklatur baru tersebut bisa memberikan kebanggaan bagi santri dan menambah kesemangatan dalam berlatih kepemimpinan dan manajemen organisasi. Selamat bertugas Kabinet Kreatif dan Inovatif.***