Siswa Akhir KMI Ikuti Ujian Akhir Gelombang 1

Siswa Akhir KMI Ikuti Ujian Akhir Gelombang 1

Mulai Rabu (16/11), sebanyak 77 siswa akhir KMI menjalani Ujian Akhir tertulis gelombang pertama. Ujian akan dilaksanakan selama sepekan hingga Selasa (22/11). Pada gelombang pertama ini, sebanyak 14 materi diujikan.

Semua soal ujian berbentuk essai. Dan dalam sehari, dua mata pelajaran diujikan dengan durasi masing-masing dua jam setengah. Untuk metode pembuatan soal-soal menggunakan pendekatan High Order Thinking Skill (HOTS), yaitu berpikir analisis, sintesis dan evaluatif.

Ujian Akhir ini melibatkan panitia ujian, para guru pembimbing kelas 6, dan beberapa guru pengabdian sebagai pengawas ruangan. Ujian sendiri dilaksanakan di Gedung Makkah lantai 2 Pondok Modern Tazakka.

Sebagaimana sunnah pondok yang sudah berjalan, ujian diawali dengan tazkiyah di Masjid Az-Zaky, dimana seluruh peserta ujian dari siswa akhir dan para guru pengawas melaksanakan shalat Dhuha dan dzikir, bermunajat agar dimudahkan dan diberi hasil yang terbaik.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Pimpinan, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D., menyampaikan pentingnya ujian ini sebagai langkah awal untuk menggapai impian mereka.

“Apa yang kalian lakukan hari ini adalah cerminan masa depan kalian. Kesungguhan kalian hari ini akan berbuah hasil indah di masa depan,” tandas Kiai Anang.

Ujian Akhir Gelombang I ini juga menjadi langkah pertama dalam tahapan-tahapan ujian selanjutnya. Masih ada Ujian Gelombang II, praktik mengajar, penulisan paper berbahasa arab atau inggris, serta ujian kompetensi bahasa arab dan inggris. Ujian Siswa Akhir memanglah sebuah perjalanan panjang terberat untuk mereka. Namun, inilah bekal terbaik yang dapat diberikan oleh pondok untuk menciptakan kader pemimpin yang ulama dan intelek. Bukan sekedar ulama atau intelek saja. Akan tetapi, keduanya.