Pimpinan Tazakka Raih Gelar Doktor

Pimpinan Tazakka Raih Gelar Doktor

MESIR- Pimpinan dan Pengasuh Pondok Modern Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A dan Wakil Pengasuh KH. Oyong Shufyan, Lc., M.A mendapatkan gelar Doktor of Philosophy (Ph.D) dari Fakultas Adab dan Humaniora, Suez Canal University, Mesir.

Gelar Ph.D diraih keduanya setelah berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan para penguji dalam Ujian Terbuka Promosi Doktor yang diselenggarakan pada Selasa, (30/11).

Kiai Oyong meneliti tentang perbandingan sastra antara Abdul Mun’im Yusuf dari Mesir dan Taufik Ismail dari Indonesia.

Sedangkan Kiai Anang meneliti tentang Makna Antonimi dan Makna Kontrastif dalam Al-Quran: Studi atas Tafsir Al-Kabir Karya Imam Fakhruddin Ar-Razi.

Kiai Anang dan Kiai Oyong mendapatkan predikat summa cumlaude dengan penghargaan tingkat satu dengan rekomendasi untuk dicetak dan dipublikasikan ke berbagai perguruan tinggi. Predikat ini adalah predikat tertinggi yang diberikan oleh Suez Canal University dalam penganugerahan gelar Ph.D.

Hadir dalam sidang terbuka promosi doktor para tokoh dari berbagai kalangan, antara lain: Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Komjen Pol (Purnawirawan) Dr. Syafruddin, M.Si, Prof Dr. M. Din Syamsuddin, Ustadz Dr. Dasad Latief, Ph.D, Ustadz Yusuf Mansur, Dr. KH. Zulkifli Muhadli, Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A, KH. Lukman Haris Dimyati, Drs. KH. Anang Azharie Alie, KH. Toha Yusuf Zakariya, Lc., Dr. KH. Ikhwan Hadiyin, KH. Ahmad Jamel, M.A, Prof. Dr. Ali Masud dari UIN Sunan Ampel Surabaya, dan puluhan kiai pimpinan pesantren dari berbagai penjuru Indonesia.

Nampak hadir pula Bapak Aji Surya selaku Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Kairo, dan Prof. Dr. Bambang Suryadi selaku Atdikbud KBRI Kairo. Selain itu, hadir pula sekitar seratusan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Al-Azhar Kairo.

Sidang terbuka promosi doktor yang memakan waktu hampir tiga jam itu, diakhiri dengan pembacaan Keputusan Tim Penguji yang dibawakan oleh Ketua Tim Prof. Dr. Hasan Yusuf dan Prof. Dr. Sangidu, M.Hum.

Usai sidang, seluruh hadirin melakukan ramah tamah dan makan malam di Hotel Mercure dengan view langsung ke Terusan Suez Mesir.@glen

W