Semarak Ramadhan Di Tazakka

Semarak Ramadhan Di Tazakka

Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran juga disebut bulan penuh berkah, tak heran jika setiap bulan Ramadhan seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan. Selain puasa, sholat tarawih dan zakat, banyak kegiatan keagamaan dan sosial lainya yang sudah menjadi tradisi umat muslim setiap tahunnya, tak terkecuali di Pondok Modern Tazakka.

Pondok Modern Tazakka menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan  semarak, yaitu dengan mengintensifkan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh penghuninya mulai dari santri, guru-guru, kiai. Bahkan anshor dan masyarakat sekitar pun ikut terlibat Ramadhan kali ini harus lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Semarak kegiatan Ramadhan meliputi kegiatan keagamaan, sosial dan agenda tahunan santri. Adapun kegiatan keagamaan diantaranya; Kajian Tafsir Surat Al-Fatihah oleh KH. Anang Rikza Masyhadi, MA setiap Jumat, Sabtu, dan Ahad (usai shalat tarawih); Kajian Hadis oleh Ustadz H. Oyong Shufyan Bahar, Lc. MA., dan Ustadz M. Bisri, S.H.I., M.Si. setiap Sabtu, Ahad, dan Senin (setelah shalat Ashar), dan tahsin Al-Quran untuk umum setiap Selasa, Rabu, dan Kamis (setelah shalat Ashar).

Sementara itu para santri Pondok Modern Tazakka sibuk dengan kegiatan seperti tahsin Al-Quran bersama asatidz setiap usai shalat tarawih dan shalat shubuh, dan tahfidz Al-Quran setiap selesai shalat lima waktu. Semuanya dibimbing oleh guru wali kelas masing-masing.

Sedangkan kegiatan sosial yang sudah menjadi tradisi pondok adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh bagian Lazis Tazakka misalnya; Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama Kaum Muslimin, 28/5. Ini adalah agenda rutin tahunan yang telah menjadi tradisi pondok sejak 2009, yang biasanya dihadiri tidak kurang dari 4000 orang.

Selain itu ada pula kegiatan Maidatur-Rahman (MR), yaitu buka bersama dengan anak-anak yatim piatu dan dhuafa, Sabtu 4/7. Disusul dengan kegiatan Bingkisan Ramadhan berupa parcel dan sembako untuk para dai, imam masjid, muadzin dan marbot; Tali Asih Pantura berupa pembagian nasi kotak untuk buka puasa para petugas lalu lintas arus mudik sepanjang 50 km dari Pekalongan hingga Gringsing selama 3 hari; dan Tasharuf Zakat Ramadhan berupa distribusi tunai dana zakat kepada dhuafa. Seluruh kegiatan tersebut disponsori oleh Lazis Tazakka (Laztaz).

Adapun kegiatan santri untuk menyemarakkan Ramadhan kali ini adalah Pentas Seni Gebyar Ramadhan, Jumat, 26/6, usai shalat taraweh. Menampilkan kreasi seni santri PM Tazakka berupa hadrah, qira’at, nasyid, puisi musikal, drama kolosal, drama kabaret, pantomim, tari nusantara, modern dance, band, gymnastic dan lain-lain.

Acara yang digelar di lapangan futsal Pondok Modern Tazakka ini dihadiri oleh tokoh-tokoh Batang-Pekalongan; antara lain: Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Dandim Batang Letkol Inf Andiek Prasetyo Awibowo SIP,  Kapolres Batang AKBP H Joko Setiono SIK SH M.Hum, Wakil Walikota Pekalongan, H. Alf Arslan Djunaid, SE, Ketua Umum Kospin JASA H. Andy Arslan Djunaid, SE bersama keluarga dan jajaran pengurus JASA, Dubes KH. M. Muzammil Basyuni, H. Anta Masyhadi dan H. Teguh Suhardi.

Diramaikan pula dengan hadir-nya para anshor, masyarakat sekitar dan para wali santri dari berbagai daerah untuk melihat penampilan kreatifitas santri.

Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama Kaum Muslimin, 28/5. Ini adalah agenda rutin tahunan yang telah menjadi tradisi pondok sejak 2009, yang biasanya dihadiri tidak kurang dari 4000 orang.