Tazakka Bagikan 1007 Bungkus Daging Qurban

Tazakka Bagikan 1007 Bungkus Daging Qurban

TAZAKKA – Idul Adha 1435 H, seperti biasa­nya,­ disambut penuh antusias dan sema­rak oleh seluruh penghuni Pondok­ Modern Tazakka. Tahun ini, PM Tazakka­ menyelenggarakan qurban 8 ekor sapi dan 20 ekor kambing yang dibagukan kepada 1007 kepala keluarga.
Selain Shalat Ied dan penyembelihan binatang qurban, juga dimeriahkan dengan

berbagai kegiatan santri,­ seperti lomba nasyid antar kelas, lomba majalah dinding antar kamar dan lomba kebersihan serta keindahan­ kamar.
Pelaksanaan Shalat Idul Adha di PM Tazakka­ digelar di lapangan futsal yang terletak di samping Gedung Al-Madinah, yang diikuti oleh santri dan asatidz PM Tazakka­ serta beberapa wali santri dan warga sekitar pondok.­ Bertindak sebagai khotib adalah Ustadz Alam Mahardika, S.H.I. Dalam khutbahnya, staf pengasuhan santri ini membahas tentang­ pe­ngorbanan Nabi Ibrahim AS beserta keluarga­nya sebagai bukti ketakwaan dan kepasrah­an kepada Allah SWT.
Pada esok harinya, tepat pukul 08.00 pagi dilaksanakan pemotongan­ hewan­ qurban. Pada kesempatan ini, Ustadz H. Anizar Masyhadi, Wakil Pimpinan Pondok­ juga bersyukur atas segala rezeki berlimpah lagi penuh berkah dari Allah SWT di Hari Raya Qurban ini, sehingga pondok masih bisa menyembelih hewan-hewan­ qurban un­tuk­­­ dibagikan kepada masyarakat.
Ketua Panitia Qurban, Ustadz Subhi­ Mahmassani menjelaskan bahwa jumlah hewan qurban tahun ini­ naik dibanding­ tahun lalu. “Tahun­ lalu kita qurban 7 ekor sapi dan 12 ekor kambing, sedangkan tahun 1435 H ini 8 ekor sapi dan 20 ekor kambing,­ ber­asal dari 64 orang shohibul qurban," terangnya.
“Para shohibul qurban tidak hanya­ dari daerah Batang dan Pekalongan­ saja, namun ada yang berasal dari luar kota, diantaranya dari Jakarta,­ Bandung,­ Aceh, Yogyakarta dan Batam, bahkan ada juga yang dari Jerman,” imbuh­nya. Dengan bertambahnya jumlah binatang qurban, jumlah distribusi dagingnya pun ikut bertambah dan penyebaran dagingnya semakin luas, khususnya para mustahik yang berada di sekitar Pondok Modern Tazakka.
Wilayah distribusi daging diprioritaskan di­ wilayah Kecamatan Bandar sekitar Pondok,­ meli­puti;­ Bandar, Sidayu,­ Sogo, Bledo, Pahlawan,­ Karetan,­ Sipare, Cendono, Bina­ngun, Cepoko, dan lain-lainnya. “Penerima daging qurban tahun ini naik hingga mencapai 1007 kepala keluarga,­ sedangkan tahun lalu hanya 868 kepala ke­luarga,”­ ujar Subhi.
Dalam pendistribusian daging, Tazakka meng­gunakan sistem door to door, yaitu daging­­­ qurban diantarkan ke tempat para mustahik­ de­ngan melibatkan para Anshar Tazakka.­ “Rata-rata tiap bungkus plastik yang dibagikan seberat 1 kg daging,” tutur H. Mutatohhirin selaku panitia.
Usai pelaksanaan shalat, para santri­ me­ngi­­­kuti kegiatan Lomba Nasyid­ Antar Kelas. “Selain menyem­belih hewan qurban, kami berusaha menyelenggarakan acara yang mendidik se­ka­­­ligus menghibur santri, yaitu lomba nasyid dan lomba kebersihan dan keindahan antar kamar, karena dari situlah santri dapat belajar­ dan berkreasi,” ujar Ustadz Dedi Andriadi­ selaku Ketua Panitia­ Acara.  
“Kalau lomba kebersihan, kerapian dan keindahan kamar, itu tujuannya untuk memupuk kebersamaan dan untuk menjalin rasa ukhuwah antar anggota kamar“ lanjutnya. Hal senada dikatakan pula oleh Ustadz Agus Suswanto selaku wali kamar, “Kamar tidak hanya berfungsi sebagai tempat tidur saja, tetapi juga sebagai miniatur masyarakat kecil,” paparnya.­
“Pimpinan Pondok sedang di Tanah­ Suci dan menyampaikan terima­ kasih kepada para Anshar Tazakka teriring doa semoga men­dapat pahala dan keberkahan,” ujar Ustadz Haris selaku penanggung jawab distribusi.