KMI Gelar Apel Penyambutan Santri Baru

KMI Gelar Apel Penyambutan Santri Baru

Tazakka — Bagian Kantor KMI Pondok Modern Tazakka menggelar apel guna menyambut santri baru yang baru saja masuk kampus PM Tazakka. Apel tersebut digelar di halaman Gedung Rabithah, Senin pagi (1/7).

Gelaran apel diikuti oleh seluruh santri baru dan santri lama dari kelas I sampai kelas VI serta dihadiri oleh Bapak Pimpinan, Direktur KMI, Wakil Pengasuh, Wakil Direktur dan seluruh asatidz dewan guru KMI PM Tazakka.

Mengawali apel pagi itu, Direktur KMI Pondok Modern Tazakka, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si. memberikan ucapan selamat datang kepada 219 santri baru yang sudah hadir sehari sebelumnya. Tak lupa beliau juga memberikan penghargaan kepada seluruh santri baru yang sudah berdisiplin hadir ke Pondok tepat waktu.

Kiai Bisri juga menyampaikan bahwa pada tahun pelajaran 2024-2025 ini jumlah santri seluruhnya adalah 910 orang. Mereka berasal dari 26 Provinsi di Indonesia, dan ada pula yang berasal dari luar negeri yaitu dari Malaysia. Adapun jumlah guru seluruhnya ada 127 orang dan beberapa guru tamu yang nantinya akan mengampu program ‘Visiting Expert Teacher’.

“Kami berharap kepada seluruh santri baru agar langsung belajar dan beradaptasi menyesuaikan diri mengikuti kegiatan belajar mengajar di KMI PM Tazakka. Tidak usah berfikir yang lain, fokuslah untuk belajar dan menuntut ilmu. Karena waktu kalian untuk semester pertama ini tidak lama dan akan banyak kegiatan yang harus kalian ikuti.” pesan Kiai Bisri.

Adapun Kiai Anang dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya tujuan belajar dan bekal yang harus dimiliki oleh seorang santri. Menurut beliau, perjalanan seribu langkah harus dimulai dengan ayunan langkah pertama. Karena langkah pertama begitu penting dan akan mempengaruhi langkah-langkah selanjutnya.

“Selain menentukan arah dan tujuan, yang tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan bekal. Kemanapun arah tujuan kalian, maka kalian pun harus menyiapkan segala perbekalan yang dibutuhkan untuk sampai kepada tujuan itu” tambah Kiai Anang.

Kiai Anang menjelaskan bahwa tujuan pendidikan dan pembelajaran di PM Tazakka adalah menjadikan santri-santrinya manusia yang sukses di dunia dan akhirat serta memberikan manfaat bagi umat manusia lainnya.

“Kalau kalian jadi dokter, maka harus jadi dokter yang sukses dunia akhirat, kalau jadi pengusaha ya pengusaha yang sukses dunia akhirat, jadi pemimpin yang sukses dunia akhirat dan tentunya memberikan kebermanfaatan bagi manusia lainnya,” tegasnya.

“Sukses dunia akhirat adalah tujuan kita semuanya. Maka, bagaimana kita memulai langkah pertama kita untuk menuju ke tujuan tersebut? Apa bekal yang harus kita miliki? Kita harus menyiapkan semuanya. Karena orang yang tidak punya bekal tidak akan memberikan manfaat apa-apa.” pungkasnya.

Kiai Anang kemudian mengakhiri sambutannya dengan memberikan ucapan selamat belajar dan berjuang menempuh pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Tazakka.

Usai apel, seluruh santri lama kemudian melaksanakan proses belajar mengajar di kelas masing-masing. Adapun seluruh santri baru berkumpul di Aula Rabithah guna pembacaan absen disiplin dan pengarahan tentang disiplin kegiatan KBM serta orientasi pelajaran di kelas 1 dan 1 Intensif.