The Next Ibn Hayyan Jalani Ujian Akhir Gelombang I

The Next Ibn Hayyan Jalani Ujian Akhir Gelombang I

Tazakka — Sebanyak 84 Santri Akhir KMI 2025 The Next Ibn Hayyan memulai perjalanan menempuh ujian akhir gelombang pertama, Sabtu (28/9). Rencananya, ujian akan berlangsung selama sepekan hingga Kamis (3/10) yang akan datang.

Ujian akhir gelombang pertama ini dilaksanakan di Masjid Az-Zaky lantai II yang terbagi dalam tiga zona yaitu zona sisi utara, selatan, dan sisi timur. Dalam pengawasannya melibatkan 25 pengawas umum dari asatidz senior dan 20 asatidz junior pengawas ruangan.

Pelaksanaan ujian diawali dengan apel sederhana di halaman masjid yang dihadiri oleh Bapak Pimpinan, Direktur KMI, Wakil Direktur KMI, dan asatidz pengawas ujian. Dalam sambutannya Bapak Pimpinan K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. menyampaikan pentingnya penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris bagi santri.

“Bahasa Arab dan Inggris kalian harus bagis, harus kuat. Karena jika bahasa Arab dan Inggris kalian lemah, kalian tidak akan bisa melanjutkan studi ke luar negeri. Karena keduanya adalah kunci untuk bisa belajar di perguruan tinggi luar negeri” ujarnya.

Kiai Anang juga menekankan pentingnya kesungguhan dalam menghadapi ujian akhir ini. Karena menurut beliau, hasil ujian akhir ini adalah nilai kapasitas akademik yang nantinya akan menentukan kemudahan setiap alumni dalam melanjutkan studinya, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Beliaupun mengakhiri sambutannya dengan beberapa nasehat kepada para santri akhir agar bersungguh-sungguh dan jangan bermalas-malasan serta jangan menjadi orang yang lalai. Karena penyesalan akan datang di akhir. “Maka, gunakan waktu untuk belajar, bukan yang lain. Dan jangan lupa, kuatkan dzikir dan doa serta tawakkal kepada Allah” pesan Kiai.

Adapun Ustadz Dian Effendi, S.Pd.I. selaku Ketua Panitia Ujian Akhir menyampaikan bahwa selama 6 hari kedepan akan ada 14 materi yang akan diujikan. “Rata-rata materi yang kita ujikan di gelombang pertama ini adalah materi yang diajarkan di kelas 1 sampai kelas 5 saja. Jumlahnya ada 14 pelajaran. Jadi setiap hari ada dua pelajaran dan ada juga yang 3 pelajaran” jelasnya.

Dian juga menjelaskan bahwa selain ujian akhir gelombang pertama ini, masih ada beberapa ujian yang harus dijalani oleh seluruh santri akhir di semester kedua nanti. “Mereka masih ada ujian praktek mengajar, ujian lisan, ujian tulis gelombang kedua yang semuanya dilaksanakan di semester kedua” tambahnya.

Ustadz Dian pun memohon doa kepada seluruh keluarga besar Pondok Modern Tazakka dan seluruh wali santri untuk ikut mendoakan kemudahan dan kesuksesan 84 kelas VI yang sedang berjuang menghadapi ujian.