Tazakka Olympiad 2024: Asah Skil dan Bakat Santri

Tazakka Olympiad 2024: Asah Skil dan Bakat Santri

Bandar — Pondok Modern Tazakka kembali mengadakan event tahunan Tazakka Olympiad 2024. Acara ini dibuka dengan sebuah upacara seremonial yang digelar di halaman Gedung Rabithah pada Jum’at pagi (18/10/24).

Upacara yang berlangsung meriah tersebut diikuti oleh seluruh santri dan Asatidz. Hadir dalam upacara Bapak Pimpinan PM Tazakka, K.H. Anizar Masyhadi, M.A. dan Wakil Pengasuh, K.H. Oyong Sufyan, Lc., M.A., Ph.D. yang bertindak selaku pembina upacara.

Dalam amanatnya, Kiai Oyong membakar semangat santri dengan mengingatkan bahwa setiap kegiatan di pondok adalah bagian dari pendidikan. Banyak pendidikan yang diajarkan, khususnya dalam agenda Tazakka Olympiad ini. “Ada leadership, ada manajerial, ada kedisiplinan, dan tentunya acara ini akan mendidik kalian dalam hal mentalitas dan unjuk kemampuan. Tapi, tetap harus menjaga sportivitas” terangnya.

Kiai Oyong juga menegaskan bahwa semua kegiatan harus berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Meskipun baru beberapa pekan santri masuk pondok, para santri akan langsung aktif dalam berbagai kegiatan. Karena ini semua adalah bagian dari totalitas kehidupan santri.

“Istirahat di pondok ini adalah pergantian dari kegiatan satu ke kegiatan yang lainnya.” tegasnya. Kalimat tersebut pun selalu menjadi pegangan bagi santri untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan.

Kiai Oyong juga menekankan pentingnya kompetisi sehat, baik di dalam maupun di luar lapangan, sebagai bagian dari proses pembelajaran. “Dengan adanya kompetisi di lapangan, kita berharap akan lahir banyak pemimpin yang sudah matang dengan berbagai gesekan sebagai pengalaman” ujar Kiai Oyong.

Tazakka Olympiad 2024 tidak hanya sekadar kompetisi olahraga saja. Tetapi, juga dilombakan berbagai mata lomba di bidang seni, bahasa dan kepramukaan. Kompetisinya pun sangat bervariatif. Acara ini dipanitiai oleh santri kelas 3 Intensif dan kelas 4 di bawah bimbingan musyrif dari Kantor Staf Pengasuhan Santri dan Wali Kelas.

“Mereka (santri kelas III Intensif & IV) inilah motor penggerak dalam penyelenggaraan Tazakka Olympiad. Setiap detail acara dipersiapkan dengan cermat, penuh dedikasi dan kerja sama antar mereka. Inilah pendidikan yang kita ajarkan bagi mereka. Semoga hingga akhir penyelenggaraan diberikan kelancaran dan kesuksesan” terang Ustadz Slamet selaku musyrif.

Acara pembukaan Tazakka Olympiad berlangsung meriah. Panitia menyuguhkan beragam penampilan hiburan, seperti Grand Opening yang memukau, Marching Band Alunan Nada Tazakka, dan berbagai kelompok seni seperti Persataz, Flashz, Perbetaz, dan Tabloid Olahraga.

Dengan semangat yang berkobar, Tazakka Olympiad 2024 siap menjadi ajang bagi santri untuk berkompetisi, mengasah skil dan wawasan, adu ketangkasan dan mental, belajar mengatur waktu, dan memperkuat ikatan di antara mereka sambil mengasah keterampilan.