Santri Akhir Tutup Ujian Dengan Sujud Syukur dan Tasyakuran

Santri Akhir Tutup Ujian Dengan Sujud Syukur dan Tasyakuran

Mengakhiri rangkaian Ujian Akhir KMI Gelombang Pertama, seluruh Santri Akhir KMI 2025 The Next Ibn Hayyan menggelar sujud syukur dan tasyakuran pada hari Kamis, 3 Oktober 2024.

Setelah 6 hari berjibaku menjalani ujian akhir sejak Sabtu, 28 September 2024 lalu, 14 materi telah diselesaikan selama ujian akhir gelombang pertama ini. Dan sebagai sunnah dan tradisi positif di Tazakka, 84 santri kelas VI menutup ujian di hari terakhir dengan sujud syukur di Masjid Az-Zaky PM Tazakka.

“Kita tetap harus bersyukur dalam keadaan apapaun, termasuk kita semua diberikan kelancaran selama menjalankan ujian akhir ini. Maka, kesyukuran itu kita lakukan dengan prosesi sujud syukur ini. Mohon doanya agar hasil ujiannya nanti bagus, baik dan menggembirakan” ujar Bahrul Anwar, Ketua Angkatan Santri Akhir 2025.

Sore harinya, giliran mereka mengadakan tasyakuran dan makan malam bersama yang digelar di halaman masjid Az-Zaky. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak-bapak Pimpinan, Wali kelas VI, Asatidz Musyrif kelas VI, dan juga Panitia Ujian Akhir.

Dalam pesan dan nasehatnya, Kiai Anizar menekankan tentang pentingnya bersyukur atas selesainya ujian. Karena setiap manusia pasti diuji, bahkan sampai setingkat nabi pun tak lepas dari ujian dari Allah SWT.

Sedangkan Kiai Anang menyampaikan pesan kepada seluruh santri kelas VI bahwa kesungguhan para santri dalam belajar dan seluruh usahanya dalam menghadapi ujian adalah untuk kesuksesan di masa depan.

Pada kesempatan malam itu, Kiai Anang juga sekaligus berpamitan kepada para santri dan guru. Karena rencananya keesokan paginya beliau akan menuju ke USA untuk melakukan kunjungan dan juga menjalin kerjasama atau MoU dengan beberapa perguruan tinggi di USA.

Ujian selalu memberikan kesan bagi setiap santri, termasuk ujian akhir bagi santri kelas VI. Mereka pun sangat terkesan dengan ujian akhir yang luar biasa menantang. Semoga semuanya diberikan hasil yang terbaik, dan kelak menjadi alumni yang husnul khatimah dari sisi ilmu, adab dan akhlak.

(Testimoni Wali Kelas dan dilanjut testimoni kelas VI)