PM Tazakka Lakukan MoU Sistem AIST dengan 32 Pesantren

PM Tazakka Lakukan MoU Sistem AIST dengan 32 Pesantren

Batang, 1 Oktober 2024 – Pondok Modern Tazakka kembali melangkah maju dalam dunia pendidikan dengan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Sistem AIST (Academic Information System of Tazakka) bersama 32 lembaga pesantren.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan di tengah gelaran Coaching & Inkubasi Ziswaf yang digelar di Tazakka. Proses MoU dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu dengan 15 lembaga pada gelombang pertama (CIZ angkatan VI) dan 17 lembaga pada gelombang kedua (CIZ angkatan VII). Kegiatan Coaching & Inkubasi Ziswaf (CIZ) Angkatan VI & VII dilaksanakan dari tanggal 26 September hingga 2 Oktober 2024 hasil kerjasama Tazakka dan FPAG.

Diantara tujuan acara tersebut untuk memberikan wawasan kepada pesantren-pesantren tentang kelembagaan ziswaf di pesantren serta tata kelolanya, pengembangan wakaf dan juga sistem fundraising. Selain itu, diberikan pula materi tentang tata kelola ekonomi dan keuangan pesantren, termasuk digitalisasi keuangan pesantren.

Sebelum penandatanganan MoU, diadakan sesi sosialisasi mengenai digitalisasi dan tata kelola pesantren, yang dibawakan oleh Ustadz Khafid Kurniawan, S.H.I., dan Ustadz Aminudin, S.Kom. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem AIST yang sudah dijalankan oleh Tazakka. Selain itu juga disampaikan manfaat sistem digital dalam pengelolaan dan manajemen di pesantren, termasuk dalam aspek administrasi, keuangan dan akademik.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan pondok-pondok pesantren dapat meningkatkan efisiensi dalam manajemen lembaganya, sehingga mampu bersaing dan beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin mengarah pada digitalisasi.

“Kami berharap, dengan sistem AIST ini, pengelolaan pesantren bisa lebih efisien dan terintegrasi, memudahkan dalam administrasi dan pelaporan akademik. Termasuk sistem cashless yang selama ini oleh Tazakka sangat efektif dan efisien mengelola potensi ekonomi di pondok. Apalagi sistem ini sudah diwakafkan untuk umat” ungkap Ustadz Aminudin.

Sistem AIST dan khususnya sistem cashless pun mendapatkan tanggapan positif dari kalangan pesantren yang ikut dalam kegiatan CIZ ini. Hal itu ditandai dengan banyaknya pesantren yang ikut serta dalam proses MoU tersebut.

Penandatanganan MoU dan komitmen wakaf ini menunjukkan dedikasi Pondok Modern Tazakka dalam mendorong transformasi digital di dunia pesantren, sekaligus menjadi langkah awal bagi banyak pesantren untuk memaksimalkan teknologi dalam mendukung proses pendidikan dan manajemen pesantren.