Tazakka Cek Kesehatan Santri Baru

Tazakka Cek Kesehatan Santri Baru

Tazakka — Tazakka mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan cek narkoba bagi seluruh santri baru, Selasa (2/7) bertempat di Aula Rabithah Pondok Modern Tazakka.

Cek kesehatan ini menjadi agenda yang wajib diikuti oleh seluruh santri baru. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka sebagai rekam medik awal. Selain itu, dilaksanakan juga tes narkoba dan pemeriksaan golongan darah.

Al-Ustadz Muhammad Dulqolil, S.Th.I. selaku Ketua Bagian Tazakka Medical Center dan penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa agenda cek kesehatan hari ini melibatkan beberapa tenaga medis, baik dari TMC sendiri maupun dari lembaga mitra di luar pondok.

“Ada 12 tim medis yang terlibat dalam acara ini. Diantaranya adalah 3 orang dokter dan 5 orang perawat. Selain itu, kami juga menghadirkan 4 analis dari PMI Batang untuk membantu jalannya pemeriksaan kesehatan dan cek narkoba santri baru kita,” jelas Dulqolil.

Ia juga menjelaskan bahwa tes kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan tensi dan tekanan darah, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, tes ketajaman mata dan buta warna, pemeriksaan telinga, hepatitis, tes narkoba dan pengecekan golongan darah.

“Hasil dari proses wawancara dengan dokter dan pemeriksaan kesehatan mereka nantinya akan menjadi catatan bagi kita di TMC dan juga Bagian Kantor Pengasuhan. Karena kesehatan menjadi faktor penting bagi santri dalam proses pendidikannya di Pondok Modern Tazakka.

Senada dengan Dulqolil, Ustadz H. Hawin Aulia Abdullah, Lc. sebagai Kepala Departemen Pengasuhan Santri menyatakan bahwa faktor kesehatan adalah aspek yang menjadi perhatian penting Pengasuhan Santri terhadap seluruh santri.

“Salah satu motto kita kan jelas, berbadan sehat. Dengan kesehatan yang baik, itu akan mendukung proses pembelajaran dan pendidikannya selama di pondok. Kalau mereka sehat fisiknya, sekolahnya akan baik, dan tentunya dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik” tegasnya.

Hawin juga menjelaskan bahwa selain pemeriksaan kesehatan, di awal kedatangan santri baru juga ada beberapa kegiatan lain yang mereka ikuti seperti pengarahan tata tertib KBM, pembacaan tengko disiplin juga seminar motivasi yang rencananya akan menghadirkan motivator nasional, Ustadz Akbar Zainuddin.