KALANGAN PERGURUAN TINGGI PESANTREN JALIN KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI DI SPANYOL

KALANGAN PERGURUAN TINGGI PESANTREN JALIN KERJASAMA DENGAN PERGURUAN TINGGI DI SPANYOL

CORDOBA – Delegasi beberapa rektor perguruan tinggi pesantren melakukan kunjungan akademik dan kolaboratif dengan beberapa perguruan tinggi di Spanyol. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan kunjungan dan kerjasama dengan beberapa komunitas muslim di Sevilla dan Granada.

Delegasi perguruan tinggi pesantren yang dipimpin oleh Rektor Unida Gontor Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi diterima oleh Rektor Universitas Cordoba, Manuel Torralbo Rodriguez, Kamis (14/5). Rektor didampingi oleh Wakil Rektor Urusan Kerjasama Internasional Dr. Luna Santos dan Direktur Internasionalisasi dan Pertukaran Program Dr. Javier Avila.

Dalam pembicaraan kedua pihak, mereka sepakat untuk meningkatkan kerjasama akademik, join riset dan student exchange. Pada semester ini rencananya ada beberapa mahasiswa UNIDA akan mengambil shortcourse selama satu semester untuk beberapa mata kuliah di Universitas Cordoba, Granada dan lain-lain.

Saat ini ada satu mahasiswa yang merupakan dosen Unida Gontor telah menyelesaikan masternya di Cordoba University dan sedang menempun studi lanjut pada Ph.D Programme di universitas yang sama di jurusan pendidikan bahasa Inggris. Dua mahasiswa lainnya adalah alumni KMI yang akan menempuh jenjang S1 di kedokteran dan geografi.

Prof. Hamid mengatakan bahwa melalui kesepakatan kerjasama-kerjasama yang telah dirintis ini, diharapkan ke depan para santri sebagai kader pesantren dan kader perguruan tinggi pesantren lainnya dapat mengambil peluang yang sama.

Prof. Hamid menghimbau dengan semakin terbukanya berbagai peluang kerjasama akademik dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, maka kalangan pesantren dan perguruan tinggi pesantren diharapkan serius berpikir dan mengusahakan investasi sumber daya manusia untuk penguatan lembaga dan kemajuan di masa depan.

Beberapa hari sebelumnya, delegasi juga diterima oleh Universitas Sevilla, Kamis (9/5), disambut oleh Wakil Rektor Bidang Hubungan Antarlembaga dan Internasionalisasi, Mrs. Carmen Vargas Macias. Dengan jumlah mahasiswa mencapai 75 ribu orang, pihak Sevilla berkomitmen mendukung usulan-usulan kerjasama ini melalui pendanaan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Erasmus, Uni Eropa.

Di Universitas Granada, rombongan diterima oleh Mrs. Irene Pedreira Romero, Direktur International Project dan Pengembangan Kerjasama. Pihak Granada dengan jumlah mahasiswa sekitar 57 ribu dan mahasiswa asingnya berasal dari 110 negara juga menyambut baik inisiatif kerjasama akademik dengan kalangan pesantren dan perguruan tinggi pesantren.

Salah seorang delegasi, KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D menginformasikan bahwa selain dengan kalangan perguruan tinggi, mereka juga bertemu dan menjajaki kemungkinan kerjasama dengan beberapa komunitas muslim di Sevilla dan Granada.

“Kami sudah ketemu dengan pengurus Masjid Sevilla dan Masjid Granada, kita membuka peluang mereka mengirim kader-kader terbaiknya untuk belajar di pesantren-pesantren di Indonesia dan juga untuk jenjang lebih tinggi bisa di perguruan tinggi pesantren, dengan beasiswa, supaya setelah selesai belajar mereka bisa berdakwah di bumi Andalusia ini” ujar Kiai Anang.

Di akhir lawatan ke Spanyol, para delegasi diterima oleh Duta Besar RI di Madrid, Bapak Dr. Muhammad Najib. Pihak KBRI melalui dubesnya menyambut baik dan mendukung sepenuhnya upaya-upaya kerjasama yang telah dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi di Spanyol.

Para delegasi terdiri dari Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A (Ketua Umum Forum Komunikasi Pesantren Muadalah), Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil (Rektor UNIDA), Dr. KH. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M (Rektor Universitas Cordova, Taliwang), Prof. Dr. Ris’an Rusli (Dekan Fak. Ushuludin UIN Palembang), Dr. Abdul Hafidz Zaid, Lc., M.A (Wakil Rektor I Unida) dan KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D (Pimpinan Pondok Modern Tazakka).