TAZAKKA LAKSANAKAN QIYAMUL LAIL DI 10 MALAM TERAKHIR RAMADHAN

TAZAKKA LAKSANAKAN QIYAMUL LAIL DI 10 MALAM TERAKHIR RAMADHAN

Tazakka — Pondok Modern Tazakka mengadakan kegiatan Qiyamul Lail di malam-malam ganjil pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1445. Kegiatan tersebut dilaksanakan dini hari di Masjid Az-Zaky.

Qiyamul lail diikuti oleh seluruh Pimpinan Pondok, Ketua Yayasan, Guru-guru dan juga santri kelas VI yang sedang menjalani mukim Ramadhan. Hadir juga beberapa Anshar dan juga alumni-alumni haji KBIH Muzdalifah yang berasal dari beberapa wilayah di Batang dan Pekalongan.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan shalat Malam atau Tarawih dan diakhiri dengan shalat Witir yang diimami langsung oleh Bapak-bapak Pimpinan PM Tazakka. “Bahkan kebanyakan santri sudah beriktikaf dan bertadarrus di masjid sejak malam hari,” jelas Ustadz M. Dulqolil, Ketua Takmir Masjid Az-Zaky.

Baca juga: 75 Alumni Tazakka 2024 Mengabdi Di 14 Provinsi

Usai shalat, jamaah lalu menikmati sajian makan sahur bersama di pelataran selatan Masjid Az-Zaky dengan menu yang disupport oleh Lazis Tazakka. “Alhamdulillah khusus sahur saat qiyamul lail selalu spesial. Ini semua berkat support dari Lazis Tazakka,” ungkap Kholil.

Agenda tahunan tersebut kemudian ditutup dengan shalat Subuh berjamaah dan juga dzikir dan tausiyah oleh Bapak Pimpinan. Dalam salah satu tausiyahnya, Kiai Anang Rikza menyampaikan tentang macam dzikir dan pentingnya kita memperbanyak dzikir. “Dzikir itu ada dua; dzikrullah dan dzikrun fillah. Dzikrullah adalah dzikir mengingat Allah dalam bentuk ucapan lisan maupun di dalam hati. Adapun dzikrun fillah adalah dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari,” jelasnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ulama-ulama terdahulu mengajarkan kita tentang cara berdzikir dengan menutup mata. “Mata adalah alat indera untuk melihat dunia. Maka, saat kita berdzikir, kita dianjurkan menutup mata. Artinya, kita tutup pandangan kita terhadap dunia dan yang kita buka adalah hati kita dengan terus berdzikir mengingat Allah. Sehingga cahaya Allah akan masuk ke dalam hati kita, pikiran menjadi tenang, hati lapang, semua permasalahan bisa dihadapi dengan mudah,” jelas Kiai Anang.

Baca juga: Tazakka Yudisium 86 Santri Kelas V

Selain mengadakan qiyamul lail, rencananya Takmir Masjid Az-Zaky juga akan menggelar Kajian Tafsir Al-Fatihah bersama K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. “Kajian tersebut kita bagi dalam 2 sesi. Pagi setelah Subuh setelah qiyamul lail terakhir dan dilanjutkan malam harinya setelah Tarawih. InsyaAllah akan ditayangkan juga secara langsung di kanal YouTube Tazakka TV” pungkas Kholil.***