Santri Pondok Modern Tazakka Jalani Liburan Semester 1

Santri Pondok Modern Tazakka Jalani Liburan Semester 1

Selepas mengikuti rangkaian ujian lisan dan tulis, kini Santri Pondok Modern Tazakka akan menjalani masa liburan terhitung sejak Sabtu, 12 November 2022.

Sebelum Berlibur, sebagaimana adat yang selalu dilakukan di pondok, santri akan dibekali pesan dan nasehat yang akan disampaikan langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D., dan disertai maklumat terkait liburan yang dibawakan oleh K.H. M. Bisri, S.H.I, M.Si.

Dalam berbagai pesan tersebut, Kiai Anang menyampaikan bahwa berlibur adalah sarana untuk tajdiidu-n-niyyah atau memperbarui niat. Berlibur harus disenergikan dengan berbagai rangkaian positif sesuai dengan minat dan bakat santri.

Liburan tidak berarti kosong dan bebas mau apa saja. Namun, perubahan aktivitas dari belajar di kelas, beraktifitas dalam pondok, menuju aktifitas dalam masyarakat, mengamalkan apa yang telah didapatkan di pondok dalam lingkungan masyarakat.

Karena itulah setiap siswa dibekali pesan-pesan dan juga buku ettiquette yang di dalamnya terdapat nasehat Bapak Pimpinan dalam bermu’alamah, baik kepada Allah maupun makhluk-Nya. Pesan dan nasihat tentang liburan lainya adalah:

ﺇﻥَّ ﺍﻟﺸَّﺒَﺎﺏَ ﻭَ ﺍﻟْﻔَﺮَﺍﻍَ ﻭَ ﺍﻟْﺠِﺪَﺓَ ﻣَﻔْﺴَﺪَﺓٌ ﻟِﻠْﻤَﺮْﺀِ ﺃﻱَّ ﻣَﻔْﺴَﺪَﺓٍ

Sesungguhnya masa muda, waktu luang, dan kekayaan adalah perusak dari segala kerusakan bagi seseorang. Hal ini selalu disampaikan dalam Pesan dan Nasihat jelang Liburan santri PM Tazakka, bahwa jangan sekali-kali liburan dikosongkan begitusaja, tapi harus dipenuhi dengan berbagai kegiatan positif, seperti bersilaturahim, belajar sesuatu yang baru, beraktifitas bersama teman-teman dari luar pondok untuk hal-hal yang baik, dan lain sebagainya. Bila ingin berekreasipun harus diniatkan untuk menguatkan badan, me-refresh fikiran sehingga ketika masuk pondok, pikiran bisa segar dan siap menerima pelajaran berikutnya.

Adapun liburan yang akan dijalani oleh Santri Pondok Modern Tazakka adalah selama 2 minggu terhitung sejak Sabtu 12 November 2022 sampai dengan 27 November 2022 sebagaimana yang disampaikan oleh Kiai Bisri dalam maklumat perpulangan semester 1.

Perpulangan kali ini pun sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Santri akan menaiki bus yang telah disediakan dan diantar sampai ke pusat titik penjemputan sesuai dengan daerah masing.