PM Tazakka Adakan Seminar Bahasa Arab

PM Tazakka Adakan Seminar Bahasa Arab

TAZAKKA – Pada  Jum'at lalu (25/3), Pondok Modern Tazakka kembali mengadakan seminar bahasa Arab dengan mendatangkan Dr. Ayman Amin Abdul Ghani, Dosen Fakultas Bahasa Arab Universitas Islam Internasional Islamabad Pakistan sebagai pembicaranya.

Seminar bertemakan Peran Bahasa Arab di Era Modernisasi ini dilaksanakan di Aula Robithah PM Tazakka dan diikuti oleh seluruh dewan guru, santri kelas 5 & 3 Intensif serta beberapa anshor.

Meskipun dilaksakan pada malam hari, seminar tersebut tetap berjalan hangat dan lancar. Acara dibuka langsung oleh Bapak Pimpinan Kiai Anang yang didampingi oleh Ustadz Bisri, Direktur KMI PM Tazakka. "Bahasa adalah mahkota pondok yang harus tetap dijaga. Bahasa juga kunci seluruh ilmu terutama bahasa Arab. Tanpa kunci itu, kita tidak akan mungkin bisa mempelajari khazanah keislaman yang sangat luas dan banyak. Maka, pelajari dan kuasai bahasa Arab, supaya keilmuannya bisa bermanfaat lebih" pesan kiai dalam sambutannya.

Sebelum mengisi seminar, Dr Ayman juga didaulat untuk memberikan ceramah kepada seluruh santri dan juga beberapa walisantri yang hadir di Masjid Az-Zaky sebelum maghrib. Dalam ceramahnya beliau sangat kagum dan belajar tentang akhlaq dan adab bangsa Indonesia yang saling menghormati dan suka bergotong-royong. Itu merupakan pandangan dan hasil pengamatan beliau terhadap para mahasiswa Indonesia yang belajar di Pakistan.

Adapun dalam seminar, beliau menjelaskan bahwa bahasa Arab punya peran penting dalam era modern saat ini. "Kita harus lestarikan bahasa Arab yang fushah, jangan sampai bahasa 'ammiyyah atau pasaran menyebar luas, karena itu adalah misi menghilangkan peradaban dan keilmuan Islam". Selain itu, beliau juga memberikan beberapa cara agar mampu menjadi pengajar bahasa Arab yang baik dan sukses. Kedepan, Tazakka akan bersinergi terus dengan beliau dalam rangka menjadikan Tazakka sebagai salah satu pusat studi dan pengembangan bahasa arab.