Kasyful Mu’jam Perdana Siswa KMI Kelas 5

Kasyful Mu’jam Perdana Siswa KMI Kelas 5

TAZAKKA – Sebagai salah satu upaya dalam membekali para siswa kelas 5 keterampilan dalam membaca buku-buku turast, Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah Pondok Modern Tazakka mengadakan kegiatan “Tadrib ala al-Kasyfil fi-l Mu’jam wa-l-Mu’jam Al-Mufahras”. Yaitu pelatihan untuk mencari arti kata bahasa Arab di dalam kamus Munjid dan menentukan ayat surat Al-Quran dari kata-kata yang ada dalam Mu’jam Mufahras.

Diawali dengan pengarahan di Aula Gedung Rabitah pada hari Rabu (30/03) malam yang dibuka oleh Ust. Hakim As Shidqi. “Ini kali pertama PM Tazakka melaksanakan kegiatan ini, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam menggunakan kamus Munjid dan Mu’jam Mufahras dan juga untuk menunjang kualitas akademis pada seluruh pelajaran berbahasa Arab.”, tutur Wakil Direktur KMI tersebut yang disampaikan dalam Bahasa Arab. Selanjutnya, beliau memberikan penjelasan secara gamblang tentang bagaimana tata cara menggunakan kamus Munjid dan Mu’jam Mufahras tersebut. Kegiatan ini diakhiri dengan ujian praktek dari apa yang sudah diterangkan. 

Dengan diadakannya acara tersebut, diharapkan para siswa kelas 5 semakin gemar membuka kamus, sehingga dapat secara mandiri memahami pelajaran-pelajaran yang berbahasa Arab saat menemukan kata-kata yang tidak dipahami.