Revitalisasi Media Center

Revitalisasi Media Center

TAZAKKA – Pimpinan Pondok Modern Tazakka mulai semester kedua ini menginstruksikan kepada Bagian Pembangunan untuk merevitalisasi ruang pusat data di Gedung Suriah 105 menjadi ruang Media Center. Mengingat peran pen-ting media center sebagai pusat informasi dan komunikasi. Media center berperan sebagai humas pondok yang diwujudkan dalam wadah pelayanan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Media Center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang utuh tentang pondok secara akurat, cepat, mudah, dan terjangkau. Keberadaan Media Center juga merupakan sebuah satuan sinergi yang melekat pada lembaga informasi dan informatika tiap bagian yang membutuhkan.

"Semua basis informasi tentang pondok ada di Media Center ini, mulai dari database, pengelolaan website, penerbitan buletin, bahkan pengelolaan informasi pondok melalui medsos, semuanya dipusatkan di sini" tutur­ Aminuddin, Kepala Media Center.

Kebutuhan untuk menyajikan informasi ini sudah sangat mendesak, mengingat pada usianya yang kelima Pondok Modern Tazakka sudah menjadi tujuan kunjungan silaturahim dan studi lapangan.

Media Center juga berfungsi sebagai pusat koordinasi dan komunikasi tim media di Pondok Modern Tazakka.­ Dengan ditata sebagai sebuah mini-meeting hall, ruangan ini dapat menampung 10-15 orang untuk diskusi, sidang redaksi KMT dan kegiatan meeting lainnya. Selain itu Media Center juga menggunakan Aula Rabitah sebagai ruangan pameran tentang aktivitas Tazakka selama ini.

Ruang pameran tersebut menurut Ustadz Aminudin, merupakan sumber informasi berbentuk mozaik foto aktivitas kegiatan Pondok Modern Tazakka mulai dari perintisan hingga perkembangannya saat ini.

"Kami membuat mozaik informasi berupa kumpulan foto-foto kegiatan sesuai dengan rangkaian peristiwa yang menunjukkan perjalanan Tazakka selama ini, sehingga bila ada orang yang melihatnya langsung mendapatkan gambaran tentang Tazakka secara menyeluruh," ungkapnya.

Renovasi ini menelan biaya sebesar 30 juta, mulai dari pengecatan, pe-nertiban ruangan hingga pembuatan mozaik foto kegiatan Tazakka, terang Haris, Staf Bagian Pembangunan.@ali

"Semua basis informasi tentang pondok ada di Media Center ini, mulai dari database, pengelolaan website, penerbitan buletin, bahkan pengelolaan informasi pondok melalui medsos, semuanya dipusatkan di sini"