Ujian Pelajaran Sore Pacu Semangat Belajar Santri

Ujian Pelajaran Sore Pacu Semangat Belajar Santri

TAZAKKABi-l-limtihaani yukramu-l-mar’u au yuhaanu, baik atau tidaknya kapasitas seseorang dapat ditentukan dengan ujian. Setelah kurang lebih tiga bulan, siswa KMI Pondok Pondok Modern Tazakka mendalami pelajaran tambahan pada materi Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Al-Quran. Maka tibalah mereka untuk diuji, untuk mendapatkan gambaran, seberapa jauh kapasitas ilmu yang telah mereka serap.

Ujian pelajaran sore dilaksanakan selama 6 hari. Dimulai dengan ujian lisan pada hari jum’at (16/5)dengan materi meliputi; bacaan Al-Quran, hafalan juz ‘amma, ibadah amaliyah dan ibadah qouliyyah. Dilanjutkan dengan ujian tulis pada hari Sabtu – Rabu (17 – 21/5) dengan materi yang diujikan meliputi; Muthola’ah, Tamrin Lughoh, Reading, Al-Imla’, Nahwu, Shorf, dan Ujian Bahasa.

“Dalam menghadapi ujian pelajaran sore ini, siswa harus bersungguh-sungguh, karena, ujian di Pondok Modern Tazakka merupakan salah satu sarana belajar, sesuai dengan motto Pondok: Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian.” ungkap Ahmad Furqon, S.H.I ketua panitia ujian pelajaran sore.

Adapun hasil ujian akan ditulis dalam raport mental santri yang berisikan nilai mental santri selama menjalani pendidikan di Pondok Modern, dan hal ini menjadi salah satu pertimbangan kenaikan siswa di PM Tazakka.