PELATIHAN ILMU FALAK UNTUK ASATIDZ

PELATIHAN ILMU FALAK UNTUK ASATIDZ

Tazakka – Guru Pondok Modern Tazakka selain mengajar, mereka juga dituntut untuk meningkatkan kapasitas sebagai guru. Pada kesempatan ini PM Tazakka mengadakan pelatihan ilmu falak bagi para guru. Dalam pelatihan ini dijelaskan bagaimana kita bisa mengetahui kapan datang waktu shalat, puasa, dan lebaran. Dan kita bisa mengetahui kenapa di Indonesia terjadi lebaran yang berbeda waktunya. Dikarenakan memang berbeda cara perhitungannya.

Diharapkan suatu kegiatan pelatihan ini yang dikelola dan dipersiapkan secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pengetahuan dan pendidikan, dimana pada akhirnya ilmu Falak dapat dikuasai dan dapat direalisasikan masyarakat dengan baik.

Dengan ilmu ini, saat-saat masuk dan keluarnya waktu- waktu shalat dapat ditentukan dengan akurat. Begitu pula dalam penentuan awal bulan Ramadhan sebagai hari pertama kewajiban puasa dan penentuan awal bulan Syawal sebagai hari raya Idul Fitri yang sering menjadi kontroversi dikalangan umat Islam di Indonesia, peranan ilmu Falak sangat menonjol.

Ustadz Farid Wajdi, S.H.I, MA selaku narasumber adalah kader Pondok Modern Tazakka yang mengambil spesialisasi master di bidang ilmu falak di IAIN Wali Songo, Semarang.