SALURAN AIR SELESAI DIBANGUN

SALURAN AIR SELESAI DIBANGUN

Pondok Modern­ Tazakka mendapatkan wakaf enam ratus batang paralon beserta asessorisnya senilai Rp 116.000.000. Wakaf paralon ini, diantaranya dari bapak H. Agus Harjono, pengusaha besi asal Mojo­kerto yang merupakan jamaah loyal Ustadz Anang yaitu senilai Rp 50 juta, Bapak H. Ernandar, seorang pengacara dari Jakarta sebesar Rp 20 Juta, dan selebihnya dari alumni jamaah haji KBIH Muzdalifah dan alumni jamaah umrah PT. Anneva Mulya Wisata.

Kedatangan paralon disambut baik oleh Ustadz Alfan Syaefudin sebagai koordinator yang bertanggung jawab mengurusi pembangun­an di Pondok Modern Tazakka. Dengan riang gembira ia menurunkan para­lon  bersama tim kerjanya di samping kiri depan Masjid Az-Zaky.

Pelaksaan pemasangan pipa utama dilakukan mulai tanggal 2 sampai 25 Pebruari 2013,  dikerjakan dengan jumlah pekerja 12 orang. Untuk pemasangan pipa dinas diperkirakan menelan waktu kurang lebih selama 20 hari. Paralon wakaf ini dipasang untuk pengairan PM Tazakka dan sekitarnya, diantaranya: pengairan Masjid, asrama santri, perumahan para guru, dapur guru dan santri, ruang tamu dan unit-unit usaha pondok (Tazko, TMC, PLTA dan Tazqua).

Kendala yang dihadapi dalam pemasangan pipa ini, diantaranya mendapatkan izin tanah yang dilewati pemasangan pipa air cukup memakan waktu dan pikiran. Waktu pemasangan pipa dinas yang sa­ngat singkat, karena menunggu selesainya proses pembangunan pergedungan, dan kendala pendanaan pemasangan pipa dinas.

Adapun dana pemasangan untuk  pipa utama telah menghabiskan sebesar Rp. 36.685.000. Sedangkan pipa dinas masih membutuhkan dana kurang lebih sekitar Rp 35 juta lagi. “Jadi, material dan biaya pemasangan dan lain-lainnya akan menghabiskan sekitar Rp. 190an juta.” Tuturnya.

Harapan Ustadz Alfan Syaefudin, sebagai koordinator pemasangan pipa kepada masyarakat agar membantu baik riil mapun non material dalam proses pemasangan pipa ini, agar dapat berjalan dengan lancar.“ Partisipasi dari masyarakat sangatlah dibutuhkan, demi kelancaran dan terealisasikannya infra struktur pemasangan pipa Pondok Modern Tazakka ini’’  tuturnya.

Harapan Pimpinan Pondok Modern Tazakka, dengan memiliki sumber air dan paralon untuk membuktikan bahwa Pondok Pesantren bisa mandiri, dalam hal ini kaitannya dengan kebutuhan air. Sehingga, semua kegiatan yang dilaksanakan di Pondok dapat berjalan dengan lancar.