Santri Peserta Dauroh Laksanakan Umroh

Santri Peserta Dauroh Laksanakan Umroh

Mengisi liburan Semester Pertama, 31 santri Pondok Modern Tazakka dari kelas 4 dan kelas 5 beserta 1 guru pembimbing mengikuti kegiatan Pendalaman Bahasa Arab yang dikemas dalam Program Ma’ayayah Lughowiyah di Kairo, Mesir, bekerja sama dengan Markaz Tathwir Al-Azhar, Kairo, Mesir. Sebelum itu, para santri berkesempatan melaksanakan Umrah ke Tanah Suci dan berziarah ke Kota Madinah Al-Munawwarah. Pada tanggal 27 September 2024, seluruh santri terbang ke Jeddah untuk melaksanakan ibadah Umrah.

Kesempatan melaksanakan Umrah ini merupakan kesempatan berharga bagi peserta dauroh tahun ini. Setibanya di Kota Makkah, pelaksanaan prosesi ibadah Umrah langsung dibimbing oleh Wakil Pengasuh Pondok Modern Tazakka, KH. Oyong Syofyan, Lc., M.A., Ph.D., yang pada waktu bersamaan juga melaksanakan ibadah Umrah. Seluruh santri dapat melaksanakan ibadah dengan khidmat.

Kesempatan Umrah ini juga dimanfaatkan oleh para santri peserta dauroh untuk mengunjungi Museum Sirah Nabawiyah yang berada di area Masjidil Haram. Museum Sirah Nabawiyah ini dilengkapi dengan teknologi modern, serta miniatur-miniatur canggih dengan alat peraga hologram yang menggambarkan dengan jelas keadaan pada zaman Rasulullah SAW. Seluruh santri peserta dauroh sangat antusias dan mendapatkan pengetahuan mendalam dari kunjungan ke Museum Sirah Nabawiyah tersebut.

Wakil Pengasuh Pondok Modern Tazakka dalam kesempatan itu juga memberikan penjelasan kepada seluruh santri agar betul-betul menghayati bagaimana kehidupan Rasulullah SAW yang digambarkan dengan jelas di dalam museum tersebut—mulai dari masa lahir, masa remaja, masa kenabian hingga wafatnya. Gambaran kehidupan Rasulullah dalam museum ini diharapkan dapat semakin menumbuhkan kecintaan dan teladan dari setiap sisi kehidupan Rasulullah SAW.

Selain itu, para santri peserta dauroh juga mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Kota Makkah Al-Mukarramah, seperti Jabal Tsur, Jabal Nur, Jabal Rahmah, Arafah, Muzdalifah, Mina, dan lainnya. Mereka mendapatkan penjelasan tentang proses pelaksanaan ibadah haji serta sejarah dan hikmah dari tempat-tempat bersejarah tersebut.

Setelah melaksanakan rangkaian prosesi ibadah Umrah, para santri peserta dauroh melanjutkan perjalanan ke Kota Madinah Al-Munawwarah untuk melaksanakan ibadah di Masjid Nabawi dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW.