PERGANTIAN PENGURUSAN KONSULAT, BAGIAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN

PERGANTIAN PENGURUSAN KONSULAT, BAGIAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN

Tazakka – Pondok Modern Tazakka mengadakan kegiatan Pergantian Pengurusan Konsulat secara serentak. Agenda tahunan ini dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2024. Acara ini diikuti oleh santri dan dihadiri para Asatidz Pembimbing setiap konsulat.

Pergantian kepengurusan ini dilakukan dengan tujuan utama untuk meneruskan estafet kepemimpinan di organisasi kedaerahan santri. Dalam proses pemilihan, para santri dilibatkan secara aktif yang menandakan pentingnya partisipasi mereka dalam mengelola dan memenej konsulat masing-masing.

Kepengurusan konsulat yang baru akan dikomandoi oleh santri-santi dari kelas 5 KMI. Mereka dianggap sudah memiliki pengalaman dan kedewasaan untuk menjalankan tugas ini. Selain itu, karena santri kelas VI juga akan memasuki masa-masa ujian akhir. Maka, estafet kepemimpinan harus segera dilanjutkan oleh adik kelas mereka.

Ustadz H. Hawin Aulia Abdullah, Lc., Kepala Departemen Pengasuhan Santri menyampaikan bahwa peran dari kepengurusan konsulat ini sangat vital, terutama dalam mengkoordinatori santri yang berasal dari daerah yang sama. “Konsulat adalah wadah dan organisasi legal yang dibuat dengan semangat memperkuat rasa kebersamaan di antara santri yang berasal dari daerah yang sama. Mereka akan berkompetisi menghidupkan konsulat masing-masing dengan berbagai kegiatan dan gerakan-gerakan kebersamaan” jelasnya.

Adapun Ustadz Muhammad Slamet, selaku Penanggungjawab Kegiatan dari Kantor Staf Pengasuhan Santri mengungkapkan harapan besar terhadap kepengurusan yang baru dilantik. Beliau berharap agar pengurus baru ini dapat memberikan kinerja yang lebih baik dari periode sebelumnya.

“Kami ingin mereka tidak hanya menjalankan tugas, tetapi juga menjadi teladan yang baik bagi adik-adik kelasnya. Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, kami yakin mereka dapat membawa perubahan positif,” harap Ustadz Slamet.

Dengan semangat baru dan komitmen berkontribusi dalam ide dan gagasan besar, kepengurusan konsulat yang baru siap menjalankan tugasnya. Diharapkan juga melalui kepengurusan ini, hubungan antar santri semakin erat dan kolaborasi di antara mereka semakin meningkat, sehingga pondok ini dapat terus menjadi tempat yang nyaman dan inspiratif bagi seluruh santri. @firhan