SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI TAZAKKA

SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI TAZAKKA

Tazakka — Pondok Modern Tazakka mengadakan berbagai acara guna menyemarakkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 H. Sebagai puncaknya, Tazakka mengadakan Pengajian Umum di masjid Az-Zaky pada Senin sore (16/9) yang dihadiri kurang lebih 2000 jamaah.

Hadir dalam pengajian tersebut Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo, Camat Bandar yang mewakili Ibu PJ Bupati Batang, dan Danramil Bandar yang hadir mewakili Dandim 0736 Batang. Pengajian ini juga diikuti oleh seluruh santri, asatidz, dan sayyidah PM Tazakka serta undangan dari masyarakat sekitar.

Adapun tausiyah pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 disampaikan oleh Pimpinan dan Pengasuh PM Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A. dan Pimpinan PM Darussalam Gontor Ayahanda Prof. Dr. K.H. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A.

Sebelum digelar pengajian, suasana di pondok sudah nampak ramai dengan adanya pelaksanaan khitanan massal yang dilaksanakan di Tazakka Medical Center bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 13 orang yang berasal dari Kecamatan Bandar, Pecalungan, Reban, Kandeman, dan Batang.

Selain khitanan massal, Tazakka juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia dan Ikatan Bidan Indonesia mengadakan pemeriksaan IVA dan USG bagi ibu-ibu hamil. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Yayasan dan diikuti kurang lebih 60an peserta, baik dari para Sayyidah maupun masyarakat sekitar Bandar.

Siang harinya, suasana semakin ramai dengan adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan juga donor darah. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini melibatkan para dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang. Adapun donor darah bekerjasama dengan PMI Batang.

Ustadz. Muhammad Dulqolil sebagai penanggung jawab kegiatan bidang kesehatan menyampaikan bahwa partisipasi dalam kegiatan hari ini sangat luar biasa. “Ada 12 dokter, 25 perawat, 4 bidan, 3 tim PMI dan 12 orang tim khitan dari BSM terlibat dalam 4 kegiatan kesehatan yang kita gelar. Pesertanya juga semakin banyak dari sebelumnya. Kami sangat mengapresiasi seluruh tim yang ikut menyukseskan kegiatan semarak Maulid Nabi tahun ini” jelasnya.

Senada dengan Dulqolil, Ustadz. H. Edi Buana, M.Pd. selaku Ketua Panitia Kegiatan Maulid Nabi PM Tazakka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta mensukseskan berbagai acara Semarak Maulid Nabi 1446 H ini. “Kami menyampaikan terima kasih kepada para muhsinin, muzakki, dan munfiqin Lazis Tazakka yang telah ikut berdonasi dalam berbagai kegiatan Maulid Nabi di Tazakka. Semoga menjadi amal jariyah bagi Bapak/Ibu/Saudara semuanya” ujarnya.

Kegiatan Maulid Nabi juga dimeriahkan dengan kegiatan santunan yang diperuntukkan kepada fakir miskin dan anak yatim piatu serta pemberian tali asih kepada asnaf fiisabilillah yang tersebar di beberapa desa dan pedukuhan yang ada di sekitar pondok.

“Kami membagikan 300 paket sembako untuk program santunan fakir miskin. Ada juga 300 paket sembako untuk asnaf fiisabilillah yang meliputi imam, muadzin, marbot masjid dan mushola, guru-guru ngaji di madin dan TPQ, serta beberapa guru di lembaga pendidikan dan pesantren. Ada juga santunan untuk 100 anak yatim piatu. Dana santunan ini berasal dari Lazis Tazakka dan Lazis Assalam Fil Alamin (ASFA)” jelas Edi Buana.

Edi juga menjelaskan bahwa masih ada satu agenda yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan yaitu program makan gratis di warung-warung sekitar pondok. “Program ini sudah berjalan setiap tahunnya. Hanya pada tahun ini konsepnya berbeda, yaitu sebagian akan kita sebar langsung. Supaya serapan dan penyebarannya lebih luas” pungkasnya.