KUNJUNGI BOSTON UNIVERSITY, PARA KIAI SIAPKAN BERBAGAI KERJASAMA

KUNJUNGI BOSTON UNIVERSITY, PARA KIAI SIAPKAN BERBAGAI KERJASAMA

BOSTON – Dalam lawatannya ke beberapa wilayah di Amerika Serikat selama 14 hari, para kiai dari Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia (P2i) menyempatkan diri berkunjung ke Boston University, Selasa (15/10).

Mereka diterima dengan hangat oleh prinsipal Boston University di Center for English Language and Orientation Programs (CELOP) oleh Maria Arruda, Ph.D, Managing Director, Ketan Gajria, Ph.D, Associate Director dan tim dari CELOP.

Dalam diskusi kedua belah pihak yang berlangsung selama satu jam lebih itu, pihak CELOP memperkenalkan berbagai program dan kegiatan akademik dan riset yang dikhususkan untuk mitra-mitra universitas dan lembaga dari berbagai dunia. Diantaranya, program shortcourse untuk bahasa Inggris, leadeship, enterpreneurship, innovation, ekonomi, dan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics). Kursus-kursus itu ditawarkan dalam berbagai skema waktu, mulai dari satu pekan, dua pekan, hingga satu dan dua bulan.

Selain itu, CELOP Boston University juga menawarkan kerjasama dalam studi reguler untuk undergraduate (S1), master degree dan Ph.D degree untuk semua bidang studi.

Pihak Boston mengaku telah banyak mahasiswa Indonesia yang mengikuti berbagai program tersebut dengan beasiswa dari Pemerintah Indonesia maupu swasta.

Tawaran kerjasama itu disambut antusias oleh para pengasuh pesantren. Mereka berharap setelah ini akan ada tindaklanjut dari pelaksanaan beberapa program kerjasama itu, khususnya bagi kader-kader pesantren.

Kiai Sofwan Manaf menuturkan bahwa kerjasama dengan Boston University dan universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat sangatlah penting. Ia berharap kerjasama-kerjasama yang telah dirintis itu dapat dimanfaatkan oleh kalangan pesantren secara luas.

Senada, Kiai Anang Rikza sebagai Wakil Presiden Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia menyatakan bahwa pengiriman kader-kader pesantren ke Boston, Harvard, dan universitas terbaik di Amerika, Eropa dan di negara-negara lain, dimaksudkan untuk penguatan sumber daya manusia pesantren. Itulah yang disebutnya sebagai kaderisasi by desain.

Beberapa hari sebelumnya, rombongan kiai juga diterima official di George Washington University, Georgetown University, US Naval Academy, dan Hartford.

Selain itu rombongan pengasuh pesantren juga mengunjungi Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology di Boston.