SANTRI TAZAKKA HADAPI UJIAN LISAN SEMESTER II

SANTRI TAZAKKA HADAPI UJIAN LISAN SEMESTER II

Tazakka — Santri KMI Pondok Modern Tazakka dari kelas I sampai V telah selesai hadapi Ujian Lisan Semester Kedua, Selasa (21/3). Ujian lisan tersebut dimulai sejak Ahad, (12/3).

Ujian lisan tersebut mengujikan 3 bidang yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Al-Quran. Masing-masing bidang terbagi dalam beberapa materi yang setiap kelasnya berbeda-beda.

Sebagaimana sunnah dan tradisi di Tazakka, setiap ujian lisan diawali dengan Tazkiyah di masjid Az-Zaky yang dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan PM Tazakka, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si. dan diikuti oleh semua asatidz penguji dan juga seluruh siswa kelas VI. Tazkiyah dilaksanakan dengan membaca dzikir dan doa.

Dalam arahannya, Kiai Bisri berpesan kepada semua penguji untuk menguji dengan tekun dan penuh kesungguhan. “Ujilah mereka dengan sungguh-sungguh, dengan tekun, dengan ikhlas. Sehingga ujian ini bisa membantu mereka untuk belajar” ujarnya.

Selama 8 hari aktif ujian, para santri akan diuji kemampuan bacaan Al-Quran, hafalan Al-Quran sesuai target, tajwid dan juga praktek ibadah, baik amaliyah atau lisan. Ini semua adalah materi bidang Al-Quran.

Adapun dalam bidang Bahasa Arab, setiap santri akan diuji kemampuan menyimak dan bertutur dengan bahasa Arab dengan modal kosa kata yang dimiliki. Selain itu, mereka diuji secara lisan pemahamannya pada materi tamrin lughoh, mutholaah, nahwu, shorf, mahfudzot dan balaghoh.

Adapun dalam bidang Bahasa Inggris diujikan kemampuan listening dan speaking. Mereka juga diuji pemahamannya dalam pelajaran reading, grammar dan hafalan kosa kata bahasa Inggris.

Ujian lisan sendiri bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan intelektual santri dan mengetahui hasil pembelajarannya selama satu semester. Selain itu, ujian lisan juga bertujuan untuk melatih mental serta rasa percaya diri para santri ketika berhadapan dengan para penguji.

Apabila santri tersebut memiliki rasa percaya diri dan kesiapan mental yang baik, ia akan melalui ujian dengan baik dan penuh ketenangan. Juga sebaliknya, santri yang kurang percaya diri akan merasa takut, grogi, dan menjawab dengan ragu-ragu di dalam ruang ujian. Bahkan, terkadang semua yang telah dipelajari dan dihafalkan seakan menghilang dari pikiran.

Pelaksanaan ujian lisan di Pondok Modern Tazakka melibatkan seluruh guru dan santri. Seluruh sektor yang ada di pondok pun ikut merasakan bagaimana suasana ujian yang sedang berlangsung. Ujian diikuti oleh seluruh santri kelas 1-5 KMI. Sedangkan penguji melibatkan guru-guru KMI dengan dibantu oleh Siswa Akhir KMI.

Ujian Akhir Tahun kali cukup berbeda. Karena, selepas melaksanakan ujian lisan di pagi hari, secara bergiliran setiap kelas akan mengikuti ujian tulis pada siang harinya. Materi yang diujikan dalam ujian tulis tersebut adalah materi-materi yang dianggap ringan.

Dengan berakhirnya ujian lisan, kini semua santri tengah bersiap menghadapi ujian tulis yang dilaksanakan di tengah bulan Ramadhan. Semoga seluruh Santri Pondok Modern Tazakka dapat dimudahkan dalam menjalankan rangkaian ujian semester 2 ini.