PARA KIAI ZIARAH MAKAM SYEIKH YUSUF

PARA KIAI ZIARAH MAKAM SYEIKH YUSUF

Makassar — Para Kiai pimpinan dan pengasuh pesantren berziarah ke makam Syeikh Yusuf di Makassar, Senin (9/1).

Hadir dalam ziarah tersebut KH. Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A., Pimpinan PM Darussalam Gontor, KH. Kafabihi Mahrus, Pengasuh PP Lirboyo, KH. Lukman Al-Hakim, Pengasuh PP Tremas Pacitan, Gus Fahmi Amrullah, Pengasuh PP Tebu Ireng, Gus Abdul Rouf Maemoen, Pengasuh PP Al-Anwar Sarang, KH. Dr. Zulkifli Muhadli, M.A., Ketua Umum FPAG dan Pengasuh PM Al-Ikhlas Sumbawa, KH. Dr. Tata Taufik, M.A., Presiden Perhimpunan Pengasuh Pesantren Indonesia serta beberapa pimpinan dan pengasuh pesantren lainnya yang tergabung dalam FPAG, FKPM dan FSKM.

Ziarah diawali dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Gus Lukman, Termas. Nampak para peserta ziarah khusyuk melantunkan dzikir dan doa untuk ulama besar asal Makassar yang namanya sudah tidak asing bagi kaum Muslim.

Setelah pembacaan tahlil dilanjutkan dengan doa yang secara bergantian dipimpin oleh Kiai Kafabih dari Lirboyo, dilanjutkan oleh Kiai Amal dari Gontor dan diakhiri oleh Gus Fahmi dari Tebu Ireng.

Sambil menikmati rintik hujan, di pelataran makan juga disampaikan riwayat dan sejarah perjuangan Syaikh Yusuf dalam menyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Makassar oleh Prof. Sangidu Assofa, Guru Besar Fak. Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Selanjutnya, rombongan para Kiai Pesantren menuju makam Nenek Puang Hj. Lulu’iyah binti H. Muhammad Kasim, Ibunda Bapak Mantan Wakapolri, Komjen Pol (Purn) H. Syafruddin. Dan dilanjutkan pembacaan yasin dan tahlil di kediaman beliau.