LAZTAZ TASHARUFKAN DANA ZAKAT LAZ ASFA KE 2000AN MUSTAHIK

LAZTAZ TASHARUFKAN DANA ZAKAT LAZ ASFA KE 2000AN MUSTAHIK

Tazakka — Lazis Tazakka (LAZTAZ) mentasharufkan dana zakat yang berasal dari Laz Assalam Fil Alamin (LAZ ASFA) kepada kurang lebih 2000an mustahik zakat yang terdiri dari fakir, miskin dan fisabilillah selama bulan Desember 2022.

Dari data yang dihimpun oleh LAZTAZ, ada 1550 fakir miskin yang mendapatkan tasharuf zakat dan 500an fisabilillah yang terdiri dari para guru ngaji, imam, muadzin dan merbot masjid mushalla, serta guru madin dan TPQ. “Kalau ditotal semuanya ada lebih dari 2000 orang yang mendapatkan manfaat dari dana zakat yang kita tasharufkan bulan ini”, ungkap Ustadz Fardana selaku Direktur LAZTAZ.

Sebaran distribusinya juga diperluas keluar dari wilayah Kabupaten Batang yaitu meliputi Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten dan Kota Pekalongan, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal.

Guna memaksimalkan distribusi dan ketepatan sasaran tasharuf, LAZTAZ menggandeng beberapa pesantren untuk membantu mengidentifikasi mustahik yang tepat dan mendistribusikan bersama. “Untuk bulan ini, karena pertama kali tasharuf, kita terjun langsung untuk memastikan distribusi tepat sasaran. Maka, kita juga bersinergi dengan beberapa pesantren di 6 wilayah Kabupaten/Kota tadi”, tambah Fardana.

Tasharuf zakat yang didistribusikan dibagi dalam dua bentuk yaitu uang tunai dan paket sembako. Dalam hal ini, LAZTAZ menggandeng Tazko dalam pengadaan barangnya. “InsyaAllah, dana zakat ini akan kita tasharufkan setiap bulan. Semoga muzakkinya juga terus bertambah, sehingga distribusinya semakin luas, dan yang mendapat manfaat juga semakin banyak”, pungkas Ustadz Fardana.

Kegiatan tasharuf yang berjalan selama hampir sepekan tidak hanya melibatkan tim Asatidz PM Tazakka. “Karena kita harus turun ke desa-desa, kita melibatkan aparat desa, bahkan kita berusaha hadirkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta para anshar pondok”, jelas Ust Edi Buana, Kepala Departemen Kehumasan Tazakka.

Adapun untuk asnaf fisabilillah yang berada di wilayah sekitar kampus PM Tazakka diadakan acara khusus berupa silaturahim di Aula Rabithah PM Tazakka, Senin (19/12). Hadir dalam acara tersebut Pimpinan PM Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. yang merupakan Dewan Pengawas Syariah LAZ ASFA yang didampingi Ketua Yayasan Tazakka.

Selain mentasharufkan zakat kepada asnaf fakir miskin dan fisabilillah, LAZ ASFA yang bermitra dengan Lazis Tazakka juga mentasharufkan dana zakatnya untuk program beasiswa santri dan mahasiswa, memperluas tasharuf ke asnaf gharimin dan muallaf, termasuk untuk program kesehatan para imam, muadzin, marbot serta guru ngaji di Madin dan TPQ.